Bagaimana Mengatasi Masalah Kartu SD Tidak Terbaca Oleh Kamera

Bagaimana Mengatasi Masalah Kartu SD Tidak Terbaca Oleh Kamera

Kamera tidak bisa membaca kartu SD tempat Anda memiliki dan menyimpan semua foto dan video. Baiklah, solusi untuk memulihkan micro sd atau kartu sd yang rusak.  Kita mulai dari dasar-dasar untuk memecahkan masalah kartu sd yang rusak.

Kamera tidak bisa membaca kartu SD tempat Anda memiliki dan menyimpan semua foto dan video. Baiklah, solusi untuk memulihkan micro sd atau kartu sd yang rusak.

Kita mulai dari dasar-dasar untuk memecahkan masalah kartu sd yang rusak.

Apa itu kartu SD:

Kartu SD adalah kartu memori yang digunakan di perangkat lain seperti Smartphone, Komputer dan lainnya untuk menyimpan data, terutama foto dan video. Yang paling umum adalah kartu SD, kartu CF, kartu xD-Picture dan Memory Stick.
Paling sering kartu SD rusak karena mereka terkadang mencabutnya ketika mereka masih merekam data. 

Pesan kesalahan kartu SD

Biasanya pesan "kesalahan memori", "kesalahan kartu memori", "memori terkunci" muncul di kamera atau ponsel. Atau sesuatu seperti "kartu memori tidak dimasukkan", "kesalahan memori", "memori tidak terdeteksi atau dikenali" atau sesuatu seperti itu.

Kesalahan ini memperingatkan Anda tentang kemungkinan kegagalan kartu SD dan kemungkinan hilangnya data. 

Dalam banyak kasus, kamera Anda mungkin menyarankan Anda memformat ulang kartu SD yang rusak. Semua ini mencegah Anda mengambil foto lain atau melihat yang sudah tersimpan sampai Anda telah memformat ulang kartu.

Gejala kartu SD yang rusak

Seringkali perangkat Anda akan memperingatkan Anda tentang kegagalan kartu SD yang rusak, memberi Anda kesalahan seperti "kartu memori tidak dapat diakses".
  • File dan folder rusak. "Atau sesuatu yang serupa. Ini terjadi baik dalam kasus micro sd yang rusak atau kartu sd yang rusak.
  • Lain kali, kegagalan kartu SD dapat menyembunyikan di balik beberapa gejala yang dapat Anda identifikasi sendiri, misalnya:
  • Sebagian atau sebagian besar foto hilang dari memori. 
  • Beberapa foto rusak, yaitu jika Anda melihat sebagian darinya tetapi sisanya benar-benar hitam atau tidak dapat dipahami.
  • Pc tidak membaca sd: ketika Anda mencoba untuk membaca memori, misalnya dari pc, folder tidak muncul atau muncul tetapi memberikan kesalahan seperti "kesalahan membaca atau menulis pada kartu sd" menunjukkan bahwa memori tidak dapat dibaca.
  • Pesan kesalahan "Memory card" atau "rusak memori" sering muncul ketika Anda mencoba untuk mengakses foto pada kartu.
  • Bahkan jika Anda dapat melihat isi kartu memori melalui PC, Anda tidak dapat menyalinnya dan mendapatkan kesalahan "write-protected file"
Dapatkah Anda melihat kartu SD Anda yang rusak melalui PC, tetapi Anda tidak melihat konten dan mendapatkan pesan seperti: "Memori SD tidak diformat, apakah Anda ingin memformatnya sekarang?"

Saat Anda memiliki memori sd yang rusak atau rusak, tidak ada jaminan bahwa Anda akan selalu dapat memulihkan data Anda. Bahkan, dalam kasus kerusakan fisik, kemungkinan untuk memulihkannya rendah.

Jika sebaliknya itu adalah kesalahan perangkat lunak maka dengan beberapa trik Anda bisa beruntung.

6 solusi yang berbeda untuk memulihkan data dari kartu sd yang rusak

Kartu Sd Rusak: Solusi 1

Terkadang beberapa perangkat (ponsel, kamera, kamera, dll.) Tidak membaca memori SD dengan benar. Coba masukkan di perangkat lain (perangkat lain) untuk melihat apakah itu dibaca dengan benar.

Jika sudah dibaca baik coba masukkan lagi di perangkat pertama. Dalam hal ini tidak bekerja mungkin model SD tidak kompatibel dengan model kamera.

Catatan: Saya sarankan untuk mematikan ponsel atau kamera sebelum mengeluarkan memori untuk mencobanya di tempat lain.

Kartu Sd Rusak: Solusi 2

Masukkan kartu SD yang rusak ke pembaca kartu memori (seperti yang ini). Hubungkan ke PC Anda (biasanya terhubung melalui port USB). Klik "mulai" dari bilah jendela dan pilih "Komputer".

Cari dan temukan kartu sd Anda di bawah judul "Perangkat yang dapat dilepas" dan catat surat yang telah ditetapkan untuknya. Sekarang klik "mulai" lagi dan ketik "cmd" di kotak pencarian. Klik kanan pada ikon "cmd" dan pilih "mulai sebagai administrator". Jendela perintah hitam akan terbuka, di mana Anda harus mengetikkan "chkdsk" diikuti dengan huruf yang sesuai dengan memori Anda. Ketik: "chkdsk / f"

Tekan "enter" pada keyboard dan tunggu proses untuk menganalisis semua memori sd yang rusak, mencari kesalahan dan memperbaikinya. Setelah selesai, coba lagi untuk mengakses memori dan menyilangkan jari Anda (bahkan kaki).

Kartu SD Rusak: Solusi 3

Hubungkan kartu SD yang rusak ke pembaca memori dan kemudian ke PC (atau langsung ke pembaca yang termasuk dalam PC). Jika PC tidak memberikan surat ke kartu itu berarti bahwa itu tidak bisa membacanya. Ketik E, tetapi Anda selalu mendapatkan pesan "masukkan disk E", atau sesuatu seperti itu.

Ini berarti PC tidak membaca kartu dengan baik. Anda kemudian dapat mencoba untuk menetapkan huruf memori baru melalui manajemen disk di panel kontrol windows.

Kartu SD Rusak: Solusi 4

Jika Anda tidak dapat membaca file apa pun tetapi Anda melihatnya tercantum dalam folder memori sd yang rusak, maka mungkin mereka telah dihapus.

Coba klik kanan dan pergi ke properti, periksa apakah Anda melihat ruang yang digunakan. Jika ini menandai bahwa hampir semua ruang bebas maka file telah dihapus dan Anda harus mencoba memulihkannya melalui program pemulihan file dari kartu memori

Kartu SD Rusak: Solusi 5

Dapatkah Anda membaca file, gambar dan video dengan benar tetapi Anda tidak dapat menyimpannya, menimpanya atau menambahkan lebih banyak?

Mungkin kartu memori memiliki perlindungan penulisan yang diaktifkan. Ubah posisi tuas (hanya ada satu) yang ada di sisi kartu memori,. Anda mengenalinya karena memiliki ikon sebagai kunci.

Jika Anda masih tidak bisa membaca atau menulis di memori maka ada file yang hilang atau tidak dapat diakses. Untuk mencoba memulihkannya, Anda perlu menggunakan alat diagnostik untuk disk, yang juga dapat membaca memori yang dapat dilepas.

Jika tidak, Anda dapat memformat kartu dan mendapatkan kembali kemampuan untuk menulis dan membaca data tetapi ingat bahwa pemformatan akan kehilangan foto Anda dan kemungkinan pemulihan yang sama.

Format selalu merupakan solusi akhir. Jika Anda ingin melakukannya, gunakan alat khusus dan coba dulu untuk menyimpan data Anda di disk lain.

Kartu SD Rusak: Solusi 6

Tak satu pun dari yang sebelumnya bekerja?

Maka Anda mungkin memerlukan perangkat lunak pemulihan data. Faktanya, data, meskipun tidak dapat diakses, mungkin masih tersimpan di disk memori.

Cari perangkat lunak pemulihan data dan coba pulihkan foto di memori. Pastikan sebelum itu bukan kerusakan fisik pada memori, jika tidak maka akan sia-sia.

Kiat untuk menghindari kerusakan kartu SD

  • Jangan keluarkan kartu memori saat menyimpan foto atau video
  • Jangan keluarkan kartu memori saat melihat tampilan langsung atau saat kamera aktif.
  • Jangan keluarkan kartu memori saat kamera dihidupkan atau dimatikan.
  • Jangan ubah kartu memori saat kamera dihidupkan.
  • Jika baterai berada pada level rendah, jangan ambil lebih banyak gambar, matikan kamera dan isi daya baterai.
  • Gunakan kartu memori dari merek yang dapat diandalkan seperti SanDisk, Panasonic, Sony, dan lainnya.
  • Jika Anda menemukan beberapa ingatan yang rusak dengan kamera yang sama, maka mungkin ada yang salah dengan kameranya.
  • Kenangan SD tidak memiliki kehidupan yang kekal. Mereka bertahan sekitar 10.000 operasi tulis. Jika kartu Anda terlalu tua, jangan mengambil risiko dan mengubahnya.
Pertanyaan: Saya tidak dapat memformat memori SD saya, setiap kali muncul pesan yang mengatakan untuk memformat ulang lagi. Apa yang harus saya lakukan? 
Jawaban: Pertama coba ganti pembaca kartu, atau pasangkan ke pc lain. Jika masalah terus berlanjut maka memori rusak dan jika Anda memiliki data di dalam Anda akan perlu menggunakan perangkat lunak pemulihan data. 
Pertanyaan: Bagaimana cara mentransfer foto dari ponsel saya ke memori SD eksternal?
Jawaban: Buka pengelola file telepon seluler Anda. Dari sana salin dan tempel foto ke memori sd eksternal Anda. Kemudian hapus dari tempat Anda menyalinnya. 
Pertanyaan: Dapatkah saya juga memulihkan file RAW dari memori sd yang rusak?
Jawaban: Ya, beberapa program pemulihan juga memungkinkan Anda memulihkan file mentah. 
Pertanyaan: kartu SD saya tidak dikenali oleh PC, apa yang harus saya lakukan
Jawaban: Jika PC tidak mengenalinya bisa ada berbagai penyebab. Coba periksa driver pembaca kartu dan perbarui. Bersihkan konektor memori atau bahkan slot di pembaca kartu memori. Bisa juga karena ingatannya benar-benar rusak secara fisik.

Nah itulah beberapa cara mengatasinya, saya sudah jelaskan secara rinci mengenai masalah ini. Bila masih kurang mengerti, silahkan berkomentarlah dibawah. Semoga Bermanfaat:)


Iklan

Baca juga:

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar