Mengenal 5 Jenis Virus yang berbahaya pada laptop dan komputer

Mengenal 5 Jenis Virus yang berbahaya pada laptop dan komputer

Virus laptop atau komputer yang berbahaya adalah virus yang bisa merusak data pada perangkat baik itu dokumen, foto atau berkas penting lainnya.

Virus laptop atau komputer yang berbahaya adalah virus yang bisa merusak data pada perangkat baik itu dokumen, foto atau berkas penting lainnya. Tidak hanya itu bahkan untuk membuka kembali file tersebut kamu wajib membayar sejumlah uang kepada si penyebar virus tersebut, dan pertanyaannya apakah ketika sudah membayar benar file akan terbuka kembali, dan jika ia, Apa mungkin komputer atau laptop tidak akan lagi terkena virus diwaktu mendatang ?

Jawabannya akan kamu temukan dengan cara mengenal Jenis Virus yang berbahaya pada laptop dan komputer dibawah ini.

5 Jenis Virus Laptop dan Komputer Penyebab serta cara menghilangkannya
1. Virus Trojan


Virus no.1 yang paling berbahaya bagi komputer adalah virus yang disebut sebagai trojan, ini bukan virus komputer biasa, virus ini menyerang sistem keamanan yang dimana kamu akan kehilangan file-file dalam komputer. Penyebab adanya trojan ini banyak kemungkinan, dan biasanya trojan bisa masuk kedalam komputer melalui link-link di internet seperti misalnya kotak masuk email spam atau tautan link download.

Cara menghilangkan virus trojan bisa menggunakan antivirus bernama trojan remover, atau kamu bisa mencoba alternatif lain yaitu trojan hunter.

2. Virus Worm

Jika pernah mengalami penyimpanan pada komputer atau laptop yang secara tiba-tiba penuh dan padahal kamu tidak menjalankan atau menginstal program atau layanan, dan itu artinya laptop atau komputer terkena virus yang disebut dengan worm. Jika waktu pertama komputer terkena serangan virus worm, maka komputer tidak memiliki dampak yang begitu berbahaya, tapi jika lama-lama didiamkan maka memori penyimapanan akan penuh dan ini membuat komputer memiliki kinerja yang sangat lambat.

Cara menghilangkan virus woem bisa menggunakan antivirus yang bisa kamu download secara gratis atau agar lebih maksimal kamu bisa memilih antivirus pro.

3. Virus Resident Memory

Virus yang hampir serupa dengan virus worm, virus resident memory bisa membuat ram pada komputer terinfeksi dan akibatnya akan terasa menjadi lambat seperti misalnya yang kerap terjadi pada laptop atau komputer yang tiba tiba hang.

Cara menghilangkan virus resident memory yaitu dengan menggunakan antivirus seperti smadav, avast atau avira.

4. Virus FAT

Virus FAT adalah virus yang bisa membuat file komputer atau laptop hilang, rusak, bahkan tersembunyi. Virus FAT biasanya datang dikarenakan software hasil unduhan yang menyatu didalamnya. 

Cara menghilangkan virus FAT Virus yaitu mencari keberadaan file yang diduga FAT, Atau bisa membackup data penting, dan menginstal ulang perangkat komputer. 

5. Hight Roller

Keempat jenis virus diatas merupakan standar virus bagi seorang pengguna komputerm namun beda dengan jenis virus no.5 ini. Virus Hight Roller adalah sejenis virus yang kehadirannya cukup membuat keresahan dunia perbankan.

Jika biasanya virus menyerang secara diam-diam, namun tidak untuk virus hight roller ini, hight roller menyerang sistem keamanan komputer secara terang-terangan, dan biasanya hal ini dilakukan untuk meretas suatu informasi penting pada perusahaan bahkan mencuri data penting perusahaan.

Pembuat atau pelaku virus hight roller ini terbilang cerdas, karena disini hight roller dikontrol menggunakan penyimpanan online, jadi sulit untuk menemukannya. 

Untuk mencegah terserang oleh virus hight roller ini, pastikan tidak berbagi data penting pada pihak manapun di internet, karena diduga virus ini merupakan suatu kelompok hacker yang bekerja sama secara terorganisir.

Itulah informasi mengenai jenis virus komputer atau laptop paling berbahaya dan sering terjadi, Semoga bermanfaat :)

Iklan

Baca juga:

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar