Cara Menambah RAM Android Supaya Tak Mudah Lemot


untuk menambah RAM. Anda menggunakan SD card sebagai tambahan memori dengan memakai RoehSoft RAM Expander. Anda bisa memakai ruang penyimpanan yang terdapat pada SD card untuk tambahan kapasitas RAM. Berikut ini merupakan cara untuk menggunakannya.

Sekarang ini sudah banyak sekali pengguna android yang mencari cara menambah RAM android supaya memori internal dari Hp android yang mereka pakai tidak cepat penuh. Karena memori RAM yang penuh ternyata bisa membuat hp android menjadi lemot sistem kerjanya. Bahkan saat ini ada juga cara untuk menambah RAM tanpa root

Mungkin banyak dari kita yang pernah mengalami masalah perangkat android yang fungsinya terhenti karena RAM yang tersedia sangat kecil. Dengan kondisi demikian, pastinya kita tidak bisa menjalankan aplikasi game dan menjalankan berbagai macam tugas dengan efisien.

Oleh sebab itu, dalam kesempatan kali ini Kang Arif membagikan cara menambah RAM android untuk solusi masalah RAM yang menimpa perangkat android anda yang mulai penuh. Dengan cara mudah yang nanti akan dijelaskan, anda bisa menambah kapasitas RAM dalam perangkat android milik anda.

Begini Cara Menambah RAM Android


Sebelum anda memakai SD card untuk keperluan dalam menambah RAM pada hp android anda. Maka anda harus membuat partisi pada SD card yang nantinya akan dipakai. Oleh sebab itu, anda perlu minitool partition dan sesudah aplikasi itu terpasang, selanjutnya sambung SD card pada komputer lewat SD card reader.

Jika partisi telah dibuat pada SD card, maka anda harus memasang aplikasi yang bernama Link2SD. Aplikasi ini bisa anda unduh dari layanan Google Play Store. Saat aplikasi dijalankan untuk pertama kalinya, maka akan meminta root access dan meminta sistem file .ext dari partisi yang sudah dibuat. Tentukan pilihan yang sama seperti saat proses membuat partisi.

Selanjutnya urutkan aplikasi sesuai ukuran dan sambungkan dengan SD card. Dengan menambah kapasitas RAM, bukan berarti anda melakukan penambahan komponen di perangkat android. Sebab ini belum bisa dilakukan, jadi dengan memakai cara diatas anda bisa melakukan pengelolaan pada kapasitas RAM.



Menambah Kapasitas RAM dengan RoehSoft RAM Expander (Swap)


Selain menggunakan partisi yang disambungkan dengan SD card reader untuk menambah RAM. Anda juga bisa menggunakan SD card sebagai tambahan memori dengan memakai RoehSoft RAM Expander. Itu artinya, anda bisa memakai ruang penyimpanan yang terdapat pada SD card untuk tambahan kapasitas RAM. Berikut ini merupakan cara untuk menggunakannya.

Pertama-tama anda harus mengunduh dan juga memasang RoehSoft RAM Expander (Swap) di dalam perangkat android yang sudah disiapkan akses root nya. Jika aplikasi tersebut sudah terpasang, selanjutnya tinggal jalankan aplikasi lalu berikan akses sebagai super user. Dari sana, anda bisa melihat memori SD card dan berapa jumlah RAM yang kosong. Selanjutnya masukkan ukuran swapfile yang nantinya akan dipakai. Lakukan gerakan swap dan tunggu beberapa saat hingga swap aktif.

Selanjutnya ada tentukan jalur untuk swapfile dengan cara memilih SD card. Kembali ke laman awal, dan lakukan Swipe lagi pada Active/ Swap. Lalu aplikasi nantinya akan membuatkan swapfilenya.

Jika semua cara tersebut sudah dilakukan, maka anda nanti bisa melihat bahwa jumlah total RAM yang kosong bisa bertambah. Dan ini merupakan cara menambah RAM android yang paling mudah dengan menggunakan SD card. Cara tersebut bisa dilakukan dengan mudah dan dengan waktu yang singkat. Karena untuk menyelesaikan proses ini hanya memerlukan waktu kurang lebih 10 hingga 15 menit saja untuk bisa melakukannya. 

Jika ada cara lain yang lebih mudah dan praktis, maka anda bisa share kepada Kang Arif. Terima Kasih :)

Seorang blogger pemula yang suka membaca dan berbagi informasi seputar Teknologi, Tutorial, Blogging dan Tips Kesehatan serta memiliki cita-cita untuk membahagiakan kedua orang tua dan orang yang tersayang.

Share Yuk