Segala Hal Tentang Android Oreo yang Patut Kamu Tahu

Hal Tentang Android Oreo yang Patut Kamu Tahu – Sudah bukan rahasia lagi jika Google merupakan perusahaan raksasa yang selalu berinovasi memberikan kecanggihan teknologi yang bisa mempermudah aktivitas konsumen. Karya baru Google yang beberapa waktu lalu sukses menyita perhatian dunia adalah dirilisnya seri terbaru sistem operasional Android yang diberi nama Android Pie.
Pada tahun 2017 lalu, Google meluncurkan sistem operasi yang diberi nama Android Oreo. Saat itu pengumuman Android Oreo ini dilakukan dengan live streaming di New York, Amerika Serikat. Sama seperti seri-seri yang sebelumnya, Android Oreo juga dibekali dengan beberapa fitur yang akan memudahkan penggunanya. Tanpa perlu berlama lagi, berikut Kang Arif berikan penjelasan mengenai beberapa fitur Android Oreo:

Namun sebelum membahas terlalu jauh untuk seri terbaru android tersebut, tidak ada salahnya jika mengulas sistem operasi yang lebih dulu muncul daripada Android Pie. Pada tahun 2017 lalu, Google meluncurkan sistem operasi yang diberi nama Android Oreo. Saat itu pengumuman Android Oreo ini dilakukan dengan live streaming di New York, Amerika Serikat. 

Fitur Android Oreo

Sama seperti seri-seri yang sebelumnya, Android Oreo juga dibekali dengan beberapa fitur yang akan memudahkan penggunanya. Tanpa perlu berlama lagi, berikut Kang Arif berikan penjelasan mengenai beberapa fitur Android Oreo:

1. Backgound Limits

Fitur Android Oreo yang pertama adalah adanya background limits. Fitur ini akan mengubah proses latar belakang (background). Dengan kata lain, fitur ini akan mengubah cara kerja sejumlah aplikasi yang berjalan di latar belakang. Jika sudah begini maka fitur ini sangat bermanfaat untuk membuat daya tahan baterai menjadi lebih lama.
Tak hanya itu saja, Android Oreo juga bisa mengidentifikasi beberapa aplikasi yang berjalan di latar belakang dan tidak ada kaitan dengan penggunaan ponsel yang dilakukan oleh penggunanya. Dengan begini, fitur ini tidak berpengaruh pada aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang, misalnya layanan musik. Fitur ini hanya akan memberikan dampak pada aplikasi seperti Snapchat yang berjalan di latar belakang sehingga feed tidak akan diperbarui.
Untuk lebih singkatnya, Android Oreo ini cukup pintar untuk mengakses aplikasi yang dibutuhkan dan fitur ini membuat penggunaan daya menjadi lebih sedikit sehingga kualitas baterai menjadi lebih baik.

2. Autofill API

Fitur Android Oreo yang selanjutnya adalah adanya Autofill. Fitur ini sangat bermanfaat untuk pengguna yang sering lupa dengan password karena Autofill bisa mempermudah pengguna ketika login ke media sosial atau yang lainnya. Fitur ini akan aktif jika pengguna mengaktifkannya di menu Pengaturan Bahasa dan Input. Dengan begini maka Android akan meminta rincian login dari aplikasi kapan pun pengguna membutuhkannya.
Tidak hanya itu saja, fitur canggih ini juga bisa melakukan verifikasi dengan pemindai sidik jari atau metode unlock yang aman sebelum memuat data akun yang dimiliki penggunanya.

Baca Juga : Fitur Android Oreo Yang Paling Disukai

3. Picture in Picture Mode

Pada fitur yang satu ini, Android 8.0 bisa melakukan beberapa aktivitas dalam satu waktu. Salah satunya adalah menonton video dengan melakukan aktivitas yang lain pada perangkat mereka. Fitur canggih pada Android Oreo ini bernama Picture in Picture atau PiP mode.
Untuk diketahui, fitur ini pada awalnya bisa digunakan pada seri Nougat. Namun PiP mode ini hanya tersedia pada perangkat Android TV. Namun pada Android Oreo, fitur ini bisa dinikmati pada semua perangkat, baik itu ponsel atau tablet. Jika ingin menggunakan fitur ini, aplikasi yang digunakan harus sudah mendukung video PiP, seperti Chrome, VLC, dan YouTube.
Cara menggunakan fitur ini sangatlah mudah yaitu dengan memulai video dalam mode layar penuh atau full screen lalu tap tombol Home. Setelah itu secara otomatis ukuran video akan mengecil dan penggunanya bisa melanjutkan menonton dengan mengoperasikan layanan yang lain.
Itulah sedikit ulasan tentang segala hal tentang Android Oreo yang patut kamu tahu. Semoga artikelnya bermanfaat dan Terima Kasih 🙂

Leave a Reply