Gejala Anak Cacingan yang Perlu Anda Perhatikan

Gejala Anak Cacingan yang Perlu Anda Perhatikan - Ada banyak jenis cacing di dunia ini yang juga memiliki potensi untuk tumbuh dan berkembang didalam tubuh manusia. Salah satunya adalah penyakit cacing kremi dan cacing gelang yang mudah tumbuh dalam tubuh manusia. Cacing bisa masuk melalui rongga – rongga dibawah permukaan kulit. Cacingan kebanyakan menyerang anak – anak yang mana belum paham tentang pentingnya menjaga kebersihan.

Cacingan kebanyakan menyerang anak – anak yang mana belum paham tentang pentingnya menjaga kebersihan. Cacingan menimbulkan beberapa gejala. Agar bisa mengantisipasi kemungkinan penyakit ini menyerang anak, anda harus tahu apa saja gejala anak cacingan agar jika cacingan terjadi pada anak hal tersebut dapat segera dihindari.

Cacingan menimbulkan beberapa gejala. Agar bisa mengantisipasi kemungkinan penyakit ini menyerang anak, anda harus tahu apa saja gejala anak cacingan agar jika cacingan terjadi pada anak hal tersebut dapat segera dihindari. Berikut ini Kang Arif berikan informasinya untuk Anda mengenai beberapa gejala anak cacingan sesuai jenis infeksi cacing yang anda perlu tahu. Cek informasinya secara lengkap dibawah ini!

Cacing ditemukan pada tinja

Jika memang Anda sudah curiga anak terkena cacingan, maka baiknya anda pastikan memeriksa tinja anak. Mengapa harus di periksa? Karena biasanya anak yang terkena cacingan akan memiliki tinja dengan banyak cacing. Ini karena cacing berkembang biak dengan pesat di usus besar. Hal ini juga akan membuat tinja anak menjadi tidak normal dan bau yang lebih menyengat.

Anak yang tidak mau makan

Kebanyakan anak yang menderita cacingan utamanya cacing kremi tidak bisa makan dengan baik. Kebanyakan anak menolak makan dan mengatakan masih kenyang. Cacing yang berkembang di usus anak memang bisa mengurangi nafsu makan dengan cepat. Biasanya hal ini terjadi karena anak merasa perutnya begah dan terkadang bentuk perutnya membuncit walau tubuh anak sedang kurus.

Mual dan muntah pada anak

Ketika infeksi karena cacing kremi pada tubuh anak semakin buruk, biasanya anak terkena mual dan muntah. Mual dan muntah ini bisa terjadi karena cacing sudah berkembang dengan pesat dan sangat banyak dimana gejala ini sering diikuti dengan beberapa keluhan lain seperti tubuh yang tidak nyaman dan terdapat gejala masuk angin di tubuhnya. Pastikan juga Anda segera menolong anak jika sudah menunjukkan gejala ini.

Anak sering mengalami diare

Ketika cacingan pada tubuh anak sudah berada di tahap yang paling serius, anak akan mengalami diare yang berlebihan. Hal ini menandakan bahwa cacing sudah menyebarkan penyakit ke dalam usus sehingga usus besar dan usus halusnya memiliki banyak cairan. Jika sudah seperti ini maka tinja akan longgar dan anak akan sering mengalami diare. Anda juga perlu pastikan apakah anak diare saja atau sudah mengalami komplikasi dengan disentri karena ini sudah berbahaya.

Anemia pada anak

Gejala anak cacingan yang lainnya adalah anemia pada diri anak Anda. Anak yang terkena cacingan otomatis akan terkena anemia. Hal ini juga terjadi karena anak kekurangan nutrisi sehingga tubuh tidak mendapatkan nutrisi yang tepat termasuk zat besi. Anemia pada anak juga sering ditandai dengan tubuh lemah, letih, lesu dan tidak mau bermain.

Anak terlihat sangat lemah

Akibat serangan cacing di organ pencernaan anak, anak mengalami kekurangan nutrisi karena tidak mau makan akibat nafsu makannya yang menurun drastis. Ketika hal ini terjadi dan kekurangan nutrisi berlangsung terus menerus maka anak akan jadi lemah dan malas beraktivitas. Bahkan anak cenderung kurang berprestasi di sekolahnya.

Itulah beberapa gejala anak cacingan yang perlu anda waspadai. Baiknya anda segera cari tahu jenis infeksi cacing didalam tubuh anak dan jika memang ada gejala perlu anda segera bawa anak ke dokter.

Terima kasih telah membaca artikel Gejala Anak Cacingan yang Perlu Anda Perhatikan. Semoga bermanfaat dan Sehat selalu :)

Berlangganan Update Artikel Terbaru Via E-mail:

Belum ada Komentar untuk "Gejala Anak Cacingan yang Perlu Anda Perhatikan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tautan II

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel