ads

Waspada Hoax Pesan Berantai Kuota Internet Gratis

Waspada Hoax Pesan Berantai Kuota Internet Gratis - Mungkin anda adalah satu dari sekian banyak orang yang menerima pesan berhadiah kuota 35 GB Internet Gratis untuk semua operator. Pesan ini semakin heboh dan viral karena setiap orang yang mengklik link tersebut diwajibkan mengirimkan kembali ke kontak whatsapp lainnya. Alhasil pesan hadiah kuota yang mengatas namakan whatsapp ini semakin viral.

Mungkin anda adalah satu dari sekian banyak orang yang menerima pesan berhadiah kuota 35 GB Internet Gratis untuk semua operator. Pesan ini semakin heboh dan viral karena setiap orang yang mengklik link tersebut diwajibkan mengirimkan kembali ke kontak whatsapp lainnya. Alhasil pesan hadiah kuota yang mengatas namakan whatsapp ini semakin viral. Seperti apa sih pesan nya terserbut ? Berikut Kang Arif tampilkan cuplikan gambarnya dibawah ini.

Seperti apa sih pesan nya terserbut ? Berikut Kang Arif tampilkan cuplikan gambarnya dibawah ini.



Nah, pada saat pesan tersebut diklik. Maka anda akan dirahkan ke sebuah halaman website tersebut. Yang menampilkan pesan :
“WhatsApp: Ulang Tahun ke 10. Kami menyediakan 35 GB selama 6 bulan untuk semua operator seluler dalam perayaan ulang tahun ke 10. Jawab survei kami untuk mendapatkan 35GB gratis di operator seluler Anda.” 
Anda akan disuruh mengisi beberapa survey dari website tersebut seperti :
  • Aplikasi mana yang paling sering digunakan untuk berkomunikasi dengan teman? (Jika dijawab akan menuju ke survei selanjutnya)
  • Berapa banyak GB yang ingin Anda dapatkan untuk operator seluler Anda? (Jika dijawab akan menuju ke pertanyaan selanjutnya)
  • Apakah Anda merekomendasikan promosi ini kepada teman-teman Anda? (akan memunculkan jawaban Ya atau Tidak)
Aplikasi mana yang paling sering digunakan untuk berkomunikasi dengan teman? (Jika dijawab akan menuju ke survei selanjutnya) Berapa banyak GB yang ingin Anda dapatkan untuk operator seluler Anda? (Jika dijawab akan menuju ke pertanyaan selanjutnya) Apakah Anda merekomendasikan promosi ini kepada teman-teman Anda? (akan memunculkan jawaban Ya atau Tidak)
Nah, di sinilah pesan tersebut akan menjadi viral. Tau mengapa ?
Karena pada saat seseorang mengklik Ya atau Tidak maka kita akan langsung diarahkan untuk membagikan pesan tersebut agar hadiah bisa diklaim. Tentunya untuk mengklaim hadiah kuota tersebut , Pesan ini harus dishare berulang-ulang kali agar syarat terpenuhi.

Tapi nyatanya, meskipun berulang kali dishare. Pengguna bukan malah mendapatkan hadiahttersebut. Melainkan diarahkan kembali ke website tersebut.

Berdasarkan beberapa sumber yang Kang Arif baca. Sebenarnya pesan tersebut sudah ada sejak lama dan berulang kali terjadi. Hanya saja isi pesannya berbeda beda dan isinya juga memenangkan hadiah kuota.

Dan perlu anda ketahui, inilah yang dinamakan Scam. Dimana Ini merupakan salah satu trik penipuan berkedok kuota gratis untuk mencuri data-data pengguna atau mungkin si pembuat scam ini bertujuan untuk mendapatkan keuntungan finansial semata, keuntungan ini diperoleh dari iklan yang ditampilkan dihalaman website tersebut.

Hal ini dapat dilihat ketika Kang Arif mencoba untuk mengakses website tersebut melalui komputer. Kebetulan pada saat itu Kang Arif sedang menggunakan komputer dan online di whatsapp PC. akan tetapi saat link yang katanya memberikan kuota gratis itu diklik, muncul tampilan seperti dibawah ini pada web browser.
"Penyerang di fitedetoxdotclub dapat menipu Anda untuk melakukan sesuatu yang berbahaya seperti menginstal perangkat lunak atau mengungkapkan informasi pribadi Anda (misalnya, kata sandi, nomor telepon, atau kartu kredit)."
Jika diartikan kedalam bahasa indonesia artinya : "Penyerang di fitedetoxdotclub dapat menipu Anda untuk melakukan sesuatu yang berbahaya seperti menginstal perangkat lunak atau mengungkapkan informasi pribadi Anda (misalnya, kata sandi, nomor telepon, atau kartu kredit)." 

Itu artinya Google menyatakan bahwa website tersebut berbahaya dan tidak aman untuk diakses. Dengan memberikan peringatan terhadap situs yang diduga mengandung malware atau phishing tersebut.

Dari berbagai sumber yang Kang Arif baca juga, beberapa penyedia layanan provider di Indonesia mengklarifikasi isi pesan tersebut tidak benar adanya.

General Manager External Communcations Telkomsel mengatakan bahwa segala promosi yang berhubungan dengan produk dan layanan, promosi berhadiah, operator seluler selalu menggunakan kanal resmi perusahaan perusahaan seperti situs www.telkomsel.com, aplikasi myTelkomsel, dan aplikasi TCASH Wallet.

Head of Corporate Communication Indosat Ooredoo juga menampik pesan iming-iming tersebut karena pihak indosat tidak mengadakan promosi seperti itu dan Kemungkinan besar itu adalah HOAX.

Pihak XL melalui Head of External Communications XL Axiata mengatakan hal yang sama.
Ia mengimbau kepada para pelanggan untuk mengabaikan jika menerima pesan seperti itu agar tidak terjebak pishing. Hal ini dikarenakan XL Axiata tidak ada penawaran gratis atau keterkaitan tertentu dengan link tersebut.

Jadi, Kang Arif berharap jika Anda mendapat pesan berantai seperti ini, sebaiknya kroscek terlebih dahulu apakah isi pesan tersebut benar atau tidak adanya. Apabila dalam pesan tersebut terdapat link yang mencurigakan, sebaiknya Anda tidak mengklik dan ikut serta dalam menyebarluaskannya. Semoga Artikel ini bermanfaat 😊

Berlangganan Update Artikel Terbaru Via E-mail:

Belum ada Komentar untuk "Waspada Hoax Pesan Berantai Kuota Internet Gratis "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel