Hindari Penipuan, Inilah Perbedaan Windows Retail dan OEM

Kangarif.com - Mereka yang paham tentang windows pasti tidak akan asing dengan windows retail dan juga OEM. Tetapi bagi mereka yang hanya asal mengenal tentu tidak begitu mengerti atau asing menggunakan istilah ini. Namun, para pengguna bisa menghindari adanya penipuan dengan mengetahui apa saja perbedaan Windows Retail dengan OEM. Yang mana windows retail sendiri sering disebut dengan FPP atau full packaged product. Sementara untuk OEM adalah original equipment manufacturer.

Mereka yang paham tentang windows pasti tidak akan asing dengan windows retail dan juga OEM. Tetapi bagi mereka yang hanya asal mengenal tentu tidak begitu mengerti atau asing menggunakan istilah ini. Namun, para pengguna bisa menghindari adanya penipuan dengan mengetahui apa saja perbedaan Windows Retail dengan OEM. Yang mana windows retail sendiri sering disebut dengan FPP atau full packaged product. Sementara untuk OEM adalah original equipment manufacturer.

Microsoft sendiri memang mengatakan bahwa OEM dan juga system builder tidak boleh dipergunakan bagi penggunaan pribadi. Tetapi hanya untuk manufacturer yang memang ingin memasang perangkatnya melalui windows original. Lantas apakah penggunaan OEM ilegal? Hal ini dirasa tidak benar sebab apabila penggunaannya sebagaimana mestinya maka manufacturer yang memasang perangkat menggunakan windows original.

Perbedaan Windows Retail dan OEM


Ketahui bahwa windows retail merupakan windows yang memang dijual secara terpisah dengan perangkatnya. Cirinya ialah dikemas menggunakan box yang tebal dan biasanya berisi DVD installer 32-bit dan 64-bit. Ada juga buku-buku panduan serta product key. Terkadang juga adanya media instalasi yang bisa berupa flashdisk. Apabila pengguna membelinya secara online dari microsoft online maka nantinya pengguna akan mendapat email untuk product key dan juga link yang diunduh windows retail. Lisensi yang satu ini memang bisa digunakan untuk PC lainnya tetapi apabila anda menggunakan lisensi ini di PC lainnya maka kita harus menghapus dulu windows yang pertama ada di sebuah PC sebelum menggunakannya di lain PC.

Kelebihan dari retail windows ini adalah bisa dipindahkan ke PC lainnya jika yang lama telah dalam kondisi rusak atau mengganti hardware. Tetapi syaratnya adalah hapus instalasi windows yang ada di PC sebelumnya. Pengguna juga bisa dengan bebas untuk mengganti hardware seperti kartu grafis, processor, RAM dan lain sebagainya. Meski biasanya terkendala dengan mengaktivasi ulang windows, pengguna bisa mengatasi masalah ini. Selain itu, ada dukungan penuh dari microsoft yang mana jika ada masalah pada windows maka CS dari microsoft akan membantu pengguna untuk menangani masalah yang ada.

Baca Juga : Perbedaan Windows 8 dan 8.1

Sementara perbedaan windows retail dan OEM ini juga terletak pada kekurangannya. Harga yang mahal namun diimbangi dengan CS yang bisa melayani serta memberi kebebasan dalam mengganti hardware. Dirasa kurang praktis karena memang dijual terpisah dengan hardware membuat pengguna harus memasang sendiri dan juga memasang driver sendiri pula. Untuk windows 10 memang kita akan dipermudah hanya dengan menyalakan internet maka mereka masuk ke windows update serta nantinya otomatis mengunduh driver yang memang diperlukan.

Berbeda dengan Windows OEM atau Original Equipment Manufacturer


Windows OEM merupakan windows yang ada pada perangkat yang dijual dengan windows bawaan atau pre-installed. Ciri fisiknya adalah adanya sticker windows dan juga COA untuk OS yang sebelumnya pada windows 7 di casing perangkat yang dijual. Tidak dibekali dengan adanya DVD installer windows karena memang sudah terpasang di perangkatnya. Apabila ingin mengembalikan ke setelan pabrik maka biasanya windows OEM sendiri sudah dibekali dengan partisi recovery yang ada di perangkat. Windows OEM sendiri mendapat dukungan dari manufacturer saja bukan datang dari microsoft. Tidak bisa digunakan di perangkat lain karena lisensinya memang sudah terdaftar pada UEFI BIOS agar bisa menghindari adanya pencurian product key.

Baca Juga : Perbedaan Linux dan Windows Sebagai Sistem Operasi

Inilah beberapa perbedaan Perbedaan Windows Retail dan OEM agar kita mengetahui dan menghindari adanya penipuan. Di tahun 2016 sendiri memang diketahui harga windows 10 FPP pada microsoft store mencapai sekitar 2 jutaan. Sebaiknya membeli windows retail yang terpercaya hanya di Microsoft Store.

Terima Kasih Sudah Membaca. Semoga Artikel diatas Bermanfaat :)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Hindari Penipuan, Inilah Perbedaan Windows Retail dan OEM"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel