ads

Pengertian Internet Of Things dan Manfaatnya

Pengertian Internet Of Things dan Manfaatnya - Istilah Internet of Things atau IoT adalah konsep yang bertujuan guna memperluas manfaat konektivitas internet yang tersambung terus menerus. IoT kini sudah berkembang dengan sangat pesat. Ada banyak sekali ide yang bagus dan menarik yang menggunakan IoT ini. Istilah ini muncul beberapa tahun yang lalu, semenjak perangkat elektronik mempunyai kemampuan untuk bisa dikendalikan dari jarak jauh.

Istilah  Internet of Things atau IoT adalah konsep yang bertujuan guna memperluas manfaat konektivitas internet yang tersambung terus menerus.Istilah ini muncul beberapa tahun yang lalu, semenjak perangkat elektronik mempunyai kemampuan untuk bisa dikendalikan dari jarak jauh. Setelah mengetahui apa pengertian dari Internet of Things, kali ini selanjutnya kita akan membahas tentang manfaat yang diberikan dari IoT ini. Ada banyak manfaat dari IoT dalam kehidupan sehari-hari. Apa saja itu? berikut ini daftarnya:
Adapun kemampuan dari Internet of Things ini seperti berbagi data, remote control dan lain sebagainya. Termasuk pula berbagai benda yang ada di dunia nyata misalnya elektronik. Koleksi peralatan apapun termasuk benda hidup yang tersambung ke jaringan lokal dan juga global lewat sensor tertanam yang selalu aktif.

Manfaat Internet Of Things


Setelah mengetahui apa pengertian dari Internet of Things, kali ini selanjutnya kita akan membahas tentang manfaat yang diberikan dari IoT ini. Ada banyak manfaat dari IoT dalam kehidupan sehari-hari. Apa saja itu? berikut ini daftarnya:


Mempermudah menemukan informasi

Internet of Things membuat setiap perangkat bisa saling berbagi data dan informasi. Konsep tersebut bukan hanya berlaku bagi perangkat yang jenisnya sama. Misalnya smartphone bisa terhubung dengan komputer desktop yang digunakan untuk mengirim file. Smartphone yang bisa mengirim foto ke televisi. Dan mungkin saja sepeda yang digunakan sehari-hari juga bisa mengirimkan data rute yang sudah ditempuh ke smartphone anda.


Mengurangi error dalam kinerja sistem

Internet of Things bukan cuma menjadikan beban biaya serta resiko membangun dengan teknologi lebih ringan. Tetapi IoT menjadikan sistem bekerja sendiri di dalam pengelolaan perangkat apapun. Dengan begitu, keterlibatan manusia diperkecil dalam menghindari human error. Faktor kesalahan manusia yaitu angka pendukung terjadinya kecelakaan dalam berlalu lintas. Hal ini membuat google mempunyai ide untuk membangun mobil otomatis.


Monitoring lingkungan

Misalnya ketika ada kebakaran hutan, hal ini bisa dicegah dengan menggunakan sistem pencegahan kebakaran yang terintegrasi. Dengan menggunakan data laporan titik panas dari satelit yang telah terhubung langsung kepada sistem penyemprotan air pada titik lokasi kebakaran. Dengan demikian bisa lebih memungkinkan api untuk dipadamkan secara lebih cepat.


Mengurangi limbah

Adanya teknologi Internet of Things menjadikan area perbaikan semakin jelas. Analisis sekarang ini memberi kita wawasan yang cukup dangkal tetapi Internet of Things telah menyediakan informasi dunia nyata yang telah mengarah pada pengelolaan sumber daya yang semakin efektif.


Enhanced Data Collection

Saat ini kumpulan data modern menderita keterbatasan dan desainnya digunakan untuk penggunaan passive. Internet of Things berhasil memecahnya dari ruang ruang tersebut. Dan menempatkannya persis pada tempat manusia yang benar-benar ingin menganalisis dunia kita. Hal ini memungkinkan adanya gambaran yang akurat mengenai berbagai macam hal.

Penggunaan Internet of Things memiliki begitu banyak manfaat untuk masyarakat di dalam mempermudah berbagai macam pekerjaan. Namun semuanya itu perlu pengaturan yang bijak supaya tidak menjadi sebuah hal negatif untuk skala perorangan bahkan hingga menyentuh skala nasional.

Memang tidak ada gading yang tak retak, konsep yang diterapkan oleh Internet of Things masih menjadi sebuah kontroversi. Ada banyak pihak yang berpendapat aliran data dan juga informasi yang begitu banyak memerlukan tempat penampungan yang besar. Disamping itu, dengan banyaknya aliran data pribadi yang sifatnya rahasia akan mengundang para hacker untuk membobol data tersebut. Dengan demikian, Internet of Things masih perlu dikaji secara lebih spesifik agar semua keamanan data dan informasi tetap terjamin.

Berlangganan Update Artikel Terbaru Via E-mail:

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Internet Of Things dan Manfaatnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel