Skip to main content

5 Cara Mengatasi Sakit Gigi Secara Alami

Kangarif.com - Gigi berlubang umum terjadi di kalangan masyarakat, hal itu pulalah yang menjadikan gigi terasa sakit. Jika Anda mengalami sakit gigi karena gigi berlubang, maka solusi terbaik adalah segera berobat pada dokter gigi. Namun ternyata juga ada beberapa cara mengatasi sakit gigi sederhana yang bisa Anda lakukan sebagai pertolongan pertama sebelum anda bisa pergi ke dokter. Hal tersebut setidaknya bisa membantu meringankan rasa sakit anda sehingga anda tidak sampai terganggu dengan rasa sakit yang ditimbulkan. 

Cara Mengatasi Sakit Gigi Secara Alami

Beberapa cara mengatasi sakit gigi berikut ini bisa anda coba untuk meringankan rasa sakit anda.

5 Cara Mengatasi Sakit Gigi Secara Alami


1. Kumur air garam

Umumnya dokter gigi belum bisa melakukan pengobatan dalam bentuk apapun jika gigi Anda masih bermasalah. Maka anda bisa coba kumur dengan air garam sampai Anda merasa nyeri mulai berkurang sebagai cara mengatasi sakit gigi secara alami. Beberapa orang bahkan ada yang menganggap jika air garam adalah obat sakit gigi paling ampuh untuk meredakan nyeri sehingga bisa secepatnya menemui dokter gigi. 

2. Kunyah bawang merah mentah

Bawang merah memiliki sifat antiseptik dan antimikrobial yang dapat mengendalikan rasa nyeri serta bisa membunuh bakteri penyebab infeksi gigi. Mengobati sakit gigi dengan bawang merah bisa dilakukan dengan cara mengunyahnya selama beberapa menit di bagian mulut dengan gigi yang terasa nyeri. Jika Anda tidak bisa mengunyah bawang merah, maka anda bisa letakkan irisan bawang merah mentah pada bagian gigi yang sakit. Selain menggunakan bawang merah mentah, Anda juga bisa menggunakan bawang putih sebagai pilihan obat sakit gigi berlubang.

3. Kompres es batu

Cara mengatasi sakit gigi bisa menggunakan es batu, dengan cara  memasukkan es batu kedalam plastik kecil, kemudian bungkus menggunakan kain tipis. Setelah itu cukup tempelkan langsung pada gigi yang terasa nyeri selama 15 menit untuk mengebaskan saraf pada gigi cara lain yang bisa dilakukan dengan memijat punggung tangan menggunakan kompres es batu. Saraf yang ada pada jari-jari Anda mengirimkan sinyal “dingin” yang antinya bisa menimpa sinyal rasa sakit dari gigi Anda.


4. Cuka

Jika gigi anda terasa nyeri maka anda bisa menggunakan cuka dapur atau cuka apel. Pasalnya kedua jenis cuka tersebut mengandung properti antibakteri dan antimikrobial yang secara ampuh bisa meredakan sakit gigi. Cara yang dilakukan cukup dengan berkumur-kumur, tahan larutan cuka pada bagian gigi yang sakit selama kurang lebih 30 detik, setelah itu segera buang. Namun jika Anda tidak kuat dengan rasa masam cuka, maka bisa teteskan cuka pada sebuah kapas kemudian tempelkan kapas tersebut pada gigi yang sakit. 

5. Minyak cengkeh

Minyak cengkeh merupakan obat tradisional yang sudah lama digunakan sebagai salah satu cara mengatasi sakit gigi. Minyak ini juga dirasa bisa membantu “mematikan saraf” karena terdapat senyawa kimia utama berupa eugenol yang terkandung dalam rempah ini sehingga dapat berperan sebagai anestesi alami. Namun harus berhati-hati dalam menggunakan minyak cengkeh karena jika sembarangan menuang minyak cengkeh. Itu karena rasa sakit bisa semakin parah jika minyak malah menetes ke lidah atau gusi yang sensitif. 


Mengalami sakit gigi memang bukan hal yang menyenangkan, bahkan hal tersebut bisa menghambat kegiatan harian. Itu karena rasa sakit yang ditimbulkan membuat kita merasa tidak nyaman. Bahkan saat gigi nafsu makan juga bisa berkurang karena gigi akan semakin sakit saat digunakan makan. Tentunya anda harus pergi ke dokter untuk menyelesaikan masalah tersebut sehingga mendapatkan penanganan dari ahlinya. Namun jika mengalami sakit gigi yang sederhana maka cara mengatasi sakit gigi diatas bisa anda terapkan. Semoga bermanfaat :)
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar