Mengenal Teknologi Augmented Reality dan Virtual Reality

Sebagian dari anda mungkin masih ada yang belum tahu atau mengenal apa yang dinamakan Augmented Reality dan Virtual Reality. Kedengarannya memang asing, namun sebenarnya mungkin anda sudah pernah melihat kedua teknologi tersebut digunakan di dalam sebuah game. Baik untuk game android dan lain sebagainya.

Salah satu game terkenal yang menggunakan teknologi Augmented Reality ini adalah Pokemon Go. Pokemon Go adalah salah satu konsep bermain di dunia nyata. Sehingga anda diharuskan berkeliling ke daerah tertentu untuk menangkap monster lucu yang disebut sebagai pokemon. Game ini memakai teknologi Augmented Reality yang memungkinkan anda dapat bermain di dunia nyata. Namun menggunakan objek 3D yang dapat dilihat pada perangkat tertentu.

Pengertian Teknologi Augmented Reality dan Virtual Reality


Sebelum kita membahas lebih jauh tentang kedua teknologi ini, tentu saja kita harus mengenal terlebih dahulu apa itu teknologi Augmented Reality dan Virtual Reality. Simak ulasan Kang Arif berikut ini.

Teknologi Augmented Reality (AR)

Augmented Reality merupakan teknologi dimana penggabungan benda maya yang dibentuk komputer ke dalam lingkungan nyata tiga dimensi. Kemudian teknologi tersebut memproyeksikan benda-benda maya di dalam waktu yang nyata.

Sementara itu, objek yang digunakan merupakan objek 3D virtual. Sehingga anda baru bisa melihat objek tersebut menggunakan bantuan perangkat seperti google glass ataupun handphone. Ternyata teknologi Augmented Reality ini sudah berkembang sejak tahun 1968. Namun baru sekarang saja teknologi ini mengalami perkembangan yang cukup pesat.

Selain penggunaannya di dalam berbagai macam game, teknologi augmented reality ini juga sering dipakai untuk keperluan hiburan, medis, pendidikan dan juga militer. Teknologi ini telah dimanfaatkan sejak lama oleh militer dari Amerika Serikat dalam sarana latihan bagi para militernya.

Teknologi Virtual Reality (VR)

Setelah mengetahui tentang teknologi Augmented Reality, sekarang saatnya kita membahas tentang virtual reality. Teknologi Virtual Reality atau  biasa disingkat dengan (VR) ini merupakan salah satu perangkat digital yang berfungsi memberikan lingkungan virtual pada manusia. Agar dapat menikmati lingkungan virtual ini, anda perlu perangkat virtual reality yang digunakan untuk menutupi mata dan juga speaker. Jadi anda bisa merasakan lingkungan virtual seperti pada lingkungan nyata.

Di dalam kehidupan sehari-hari, teknologi Virtual Reality sudah banyak digunakan. Namun yang paling banyak dipakai yaitu sebagai media hiburan. Bagi anda semua pecinta games pastinya akan tertarik dengan perangkat Virtual Reality. Sebab jika anda memainkan game dengan teknologi ini, tentu akan sangat terasa seperti berada di dalam games tersebut. Misalnya saja saat anda bermain game perang, maka anda juga akan terasa ikut berada di dalam perang tersebut. sebagai contoh lagi anda bermain game roaler coaster dengan teknologi VR, maka disini anda juga akan merasakan euforia dan adrenalin seperti menaiki roaler coaster sungguhan. Hal ini dikarenakan visualisasi dan suaranya yang tampak nyata.

Perbedaan AR dan VR

perbedaan antara Virtual Reality dan juga Augmented Reality. Perbedaan tersebut terdapat pada konsep lingkungan yang digunakan. Untuk teknologi Augmented Reality memakai lingkungan dunia nyata namun objeknya virtual. Sementara itu, teknologi Virtual Reality menggunakan lingkungan virtual yang disimulasikan oleh komputer.

Setelah mengenal kedua teknologi tersebut, tentu saja kita bisa menyimpulkan apa yang menjadi perbedaan antara Virtual Reality dan juga Augmented Reality. Perbedaan tersebut terdapat pada konsep lingkungan yang digunakan. Untuk teknologi Augmented Reality memakai lingkungan dunia nyata namun objeknya virtual. Sementara itu, teknologi Virtual Reality menggunakan lingkungan virtual yang disimulasikan oleh komputer.

Lantas sebenarnya apa yang membuat dua teknologi ini menjadi booming dan banyak dikembangkan oleh berbagai perusahaan besar? Sebenarnya tujuan dari pengembangan teknologi tersebut tidak lain dan tidak bukan adalah untuk mendapatkan keuntungan yang besar. Augmented reality dan juga virtual reality bisa menjadi cara yang paling ampuh bagi perusahaan untuk mendapatkan iklan digital serta pembukaan toko virtual baru.

Dari sini dapat disimpulkan bahwa minat masyarakat terhadap teknologi Augmented Reality dan Virtual Reality kian hari kian meluas. Hal ini seiring dengan kebutuhan teknologi tersebut yang dirasa bisa memberikan manfaat lebih untuk kehidupan sehari-hari :)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Mengenal Teknologi Augmented Reality dan Virtual Reality"

Posting Komentar

Catatan Berkomentar:
  • Berkomentarlah dengan sopan & tata bahasa yang baik.
  • Silahkan berkomentar sesuai dengan Topik yang dibahas.
  • Mohon untuk tidak menyertakan Link Aktif pada kolom komentar.
  • Komentar dengan Link Promo akan masuk ke kategori SPAM.
  • Komentar Anda selalu di moderasi terlebih dahulu sebelum di publish.
  • Mohon maaf jika tidak sempat membalas komentar 1 per 1.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel