Begini Cara Kompress PDF Paling Mudah

Begini Cara Kompress PDF Paling Mudah – Pasti diantara kalian pernah mengalami kesulitan ketika hendak melampirkan file di email namun tidak bisa karena ukurannya telalu besar. sebenarnya, banyak cara yang bisa kita lakukan ketika hendak memperkecil ukuran file PDF. Mulai dari acara yang mudah, hingga cara yang mungkin cukup rumit untuk orang awam. Nah, berikut ini adalah cara kompress PDF paling mudah yang bisa kamu terapkan.

Cara Kompress PDF

Berikut Cara Kompress PDF Paling Mudah Yang Bisa Kamu Terapkan :
Cara Kompress File PDF

1. Memperkecil File PDF Secara Online

Cara kompress PDF paling mudah yang bisa kamu coba adalah dengan cara menggunakan beberapa situs yang menyediakan layanan memperkecil ukuran PDF. Dari beberapa situs layanan mengecilkan PDF smallpdf.com bisa menjadi pilihan. Disini kamu tidak perlu login atau mendaftar akun dahulu, cukup mengikuti langkah-langkah praktisnya, dan kamu bisa mengatasi masalah file PDF kamu. Berikut ini adalah beberapa langkah menggunakan layanan smallpdf.com,
  1. Buka peramban kemudian ketik alamat situs https://smallpdf.com/id/mengompres-pdf
  2. Kemudian pilih file PDF yang ingin dikompres dengan cara klik “Pilih File” atau drag dan drop file pada bagian yang sudah disediakan.
  3.  Tunggu sampai proses upload selesai. Setelah selesai diupload, sistem secara otomatis akan berjalan dan mengompress file tersebut.
  4. Proses terakhir anda tinggal klik “Unduh File Sekarang” untuk mendapat file yang sudah diubah ukurannya.

2. Memperkecil Ukuran PDF Menggunakan Microsoft Word

Bagi anda yang sudah memiliki Microsoft Office Word 2013 anda bisa menemukan beberapa fitur tambahan. Microsoft Word 2013 memiliki kemampuan untuk mengconvert file PDF secara otomatis, sehingga kita bisa mengubah ukurannya setelah itu. Jadi untuk kamu yang masih bertanya-tanya bagaimana cara untuk mengecilkan ukuran PDF, maka ini salah satu cara yang paling efisien. Berikut adalah cara kompress PDF paling mudah menggunakan Microsoft Word:
  1. Setelah membuka Microsoft Word 2013, pilih menu File kemudian klik Open, kemudian cari dimana file PDF yang hendak ingin anda kompress.
  2. kemudian secara otomatis Microsoft Word 2013 akan mengconvert file pdf menjadi word. Apabila muncul pop up pemberitahuan, maka pilih saja OK untuk melanjutkan prosesnya.
  3. setelah dokumen berhasil diconvert dan dibuka, selanjutnya klik menu File, lalu pilih Save As.
  4. ubah file yang tadinya .docx menjadi .pdf dengan cara memilih PDF. Jangan lupa untuk memilih Minimum Size (pubishing online) pada bagian Optimize For. Setelah itu simpan dengan mengklik tombol Save.

3. Menggunakan Software Free PDF Compressor

Yang terakhir kalian bisa menggunakan software Free PDF Compressor, kalian bisa mengunduhnya dengan menjelajahi di peramban. Atau juga langsung mengunjungi webnya yaitu freecompressor.com. software ini bisa kamu gunakan untuk memperkecil ukuran PDF, namun hanya untuk sekali saja. meski begitu hasilnya sangat baik, meski ukuran file menjadi kecil namun tidak mengubah kualitas gambar atau juga tulisan. 
  1. install software yang sudah diunduh kemudian jalankan di PC
  2. kemudian pilih tombol Browse lalu cari file PDF yang ingin dikompress
  3. pilih tombol Compress dan tunggu hingga proses selesai.

Itulah beberapa cara kompress PDF paling mudah yang bisa kamu terapkan. Memang dari masing-masing cara di atas mungkin memiliki beberapa kekurangan. Dan masing-masing dari kalian bisa mengambil kesimpulan tersendiri mana yang terbaik dan mana yang kurang baik. Semoga informasi di atas bisa sedikit membantu anda dalam menyelesaikan masalah memperkecil file PDF.

Leave a Reply