Cara Melihat Spesifikasi Laptop dengan Benar

Cara Melihat Spesifikasi Laptop dengan Benar – Membeli perangkat laptop tentu membutuhkan pertimbangan. Tidak hanya dari segi harga tetapi juga dari spesifikasi yang dimilikinya. Tidak semua orang menggunakan laptop hanya untuk mengetik dan pekerjaan-pekerjaan ringan. Ada yang menggunakannya untuk gaming. Maka dari itu, sebelum anda memilih dan membeli laptop, gunakan cara melihat spesifikasi laptop dengan benar dan teliti lagi apakah laptop tersebut memang sudah sesuai dengan kebutuhan atau tidak.

cara melihat spesifikasi komputer

Spesifikasi laptop memang dibutuhkan untuk tahu bagaimana performanya nanti ketika digunakan. Selain cara manual, anda juga bisa melihat spesifikasi tersebut langsung di dalam laptop melalui cara yang berbeda. Berikut ini beberapa cara melihat spesifikasi dari sebuah laptop. Jadikan pertimbangan anda sebelum membelinya.

Cara Melihat Spesifikasi Laptop

1. Manfaatkan Sistem Informasi

Salah satu cara melihat spesifikasi laptop adalah dengan memanfaatkan sistem operasi. Anda bisa memanfaatkannya dengan cara buka windows explorer, tekan windows+E yang ada di keyboard anda. Klik kanan pada pilihan my computer atau pada pilihan this PC dan pilih properties. Setelah itu, anda bisa melihat beberapa informasi mengenai spesifikasi komputer seperti tipe, kecepatan, besar RAM dan lain sebagainya. Mudah, bukan?

2. Menggunakan Dxdiag

Cara yang kedua adalah melihat spesifikasi komputer menggunakan Dxdiag. Caranya juga sangat mudah. Buka run dengan cara menekan windows+R pada keyboard dan silakan ketik kata dxdiag pada kolom open: . Nantinya anda bisa memilih itu dan klik OK. Kita bisa melihat berbagai informasi tentang spesifikasi komputer dan juga laptop kita. Sementara pada versi sysem, anda bisa melihat spesifikasinya pada windows baik 64 ataupun 32 bitnya.

3. Menggunakan CPU-Z

Berbeda dengan cara melihat spesifikasi laptop yang satu ini. Anda yang ingin melihat spesifikasi dengan pihak ketiga maka bisa mengikuti beberapa cara seperti, download dan install terlebih dahulu CPU Z yang ada pada komputer atau laptop. Jika sudah berhasil, anda hanya perlu membukanya dan bisa melihat secara rinci bagaimana spesifikasi pada komputer atau laptop. Lihat dengan detail mulai dari CPU hingga processor yang digunakan. juga, anda bisa melihat informasi dari mainboard komputer atau laptop dengan membuka kolom main board yang ada di CPU-Z.

4. Menggunakan Software Speccy

Cara melihat spesifikasi laptop berikutnya adalah dengan menggunakan software speccy yang mana cara ini juga cukup mudah. Download softwarenya terlebih dahulu. Jika sudah selesai didownload, install dan buka untuk melihat rincian informasi tentang spesifikasi CPU anda. Pada pilihan tab summary, anda bisa melihat secara detail tentang spesifikasi dari PC atau laptop kita.

5. Menggunakan Command Prompt

Gunakan systeminfo.exe yang merupakan perintah CMD dan memungkinkan kita untuk mendapatkan banyak informasi tentang bagaimana spesifikasi laptop dan komputer anda. Juga, dengan cara ini kita bisa melihat informasi kapan OS tersebut dipasang di laptop atau PC kita. Caranya, buka start dan ketik command prompt pada kotak pencarian. Klik kanan dan run as adminstrator. Ketikkan perintah systeminfo dan klik enter. Nantinya setelah menjalankan perintah, anda akan mendapat konfigurasi terperinci tentang perangkat keras, spesifikasi hingga informasi pembaruan dan lain sebagainya.
Beberapa cara melihat spesifikasi laptop ini akan membantu anda untuk tahu apakah laptop tersebut sesuai dengan kebutuhan kita atau tidak. Juga untuk memastikan bahwa laptop tersebut bukanlah palsu saat kita membelinya. Pastikan anda paham betul bagaimana spesifikasi laptop dan komponen yang ada di dalamnya. Mulai dari RAM, processor dan lain sebagainya agar tak salah dalam memilih laptop.

Leave a Reply