Cara Cek Smartphone Asli atau Palsu Agar Tak Tertipu

Cara Cek Smartphone Asli atau Palsu – Membeli gadget atau smartphone tentu membutuhkan pertimbangan yang matang. Bukan hanya karena harga tetapi juga karena spesifikasi yang di dalamnya apakah sudah sesuai atau tidak. Apalagi sekarang banyak beredar smartphone yang kw atau palsu. Jika tak berhati-hati untuk membeli di tempat yang tepat tentu bukan tidak mungkin kita bisa tertipu. Pastikan anda tahu bagaimana cara cek smartphone asli atau palsu sebelum membawanya pulang. Terutama ketika membeli melalui online.

Cara Cek Smartphone Asli atau Palsu

Sikap waspada atau hati-hati seperti ini tentu sangat dibutuhkan agar smartphone kita memanglah asli. Bukan smartphone palsu yang di dalamnya menggunakan komponen palsu. Mengeceknya terlebih dahulu akan menghindarkan kita dari smartphone palsu. Berikut ini beberapa cara atau langkah yang bisa anda lakukan ketika membeli smartphone baru.

Cara Cek Smartphone Asli atau Palsu

1. Cek Bentuk Fisik

Cara pertama untuk mengetahui apakah smartphone kita asli atau palsu adalah dengan mengecek langsung bentuk fisiknya. Bentuk fisik ponsel adroid yang palsu memang sangat identik dengan asli. Tetapi ada perbedaan yang bisa kita tengarai. Sebelum membeli, disarankan untuk tahu informasi singkat tentang ponsel yang ada dibawa pulang. Perhatikan material apa yang digunakan pada smartphone asli dan bagaimana bentuk fisik yang asli. Ketika ada bagian yang tidak sesuai maka kita patut curiga.

2. Pastikan dengan Nomor IMEI

Setiap ponsel memang dipastikan memiliki nomor IMEI masing-masing. Maka dari itu, ketika anda membeli sebuah ponsel memang tak ada salahnya untuk terlebih dahulu mengecek bagaimana dan berapa nomor IMEI dengan cara mudah yakni tekan *#06#. Dari cara cek smartphone asli atau palsu ini, nomor IMEI ponsel anda akan keluar. Kalau sudah muncul nomor tersebut, kita bisa mencocokkannya dengan nomor yang ada di kotak penjualan. Kalaupun masih belum yakin, nomor IMEI ini bisa dicek langsung di situs imei.info yang nanti akan muncul informasi lebih tentang ponsel ini.

3. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Cara cek smartphone asli atau palsu berikutnya bisa menggunakan pihak ketiga atau aplikasi. Untuk memastikan sebuah ponsel android asli atau palsu kita bisa menggunakan aplikasi gratis yang ada di google playstore. Misalnya saja seperti Antutu Benchmark ataupun CPU-Z. Ada juga beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk mendapat banyak infromasi tentang ponsel tersebut. Antutu sendiri biasanya digunakan agar menguji benchmark sebuah ponsel. Biasanya dalam hasil pengujian akan disertakan pula data dan juga performa ponsel.

Baca Juga : Cara Screenshoot Di Laptop

4. Uji Kamera

Kemampuan dari sebuah ponsel biasanya paling dicari dari segi kamera. Kamera bisa dijadikan salah satu indikator sebuah ponsel android asli ataupun palsu. Tetapi sebelum mencoba tentu kita harus memiliki informasi tentang bagaimana kemampuan dan juga spesifikasi kameranya. Dari sinilah nanti anda bisa membandingkan gambar hasil tangkapan dengan spesifikasi kamera yang dimilikinya. Kalau memang hasilnya tidak mencerminkan kualitas kamera tersebut maka tentu bisa kita ambil kesimpulan bahwa smartphone tersebut palsu atau patut dicurigai.

5. Tidak Tergiur Harga Murah

Memang mendapatkan harga murah selalu menjadi daya tarik ketika ingin membeli smartphone. Namun, justru cara mengecek apakah smartphone asli atau palsu bisa kita lihat dari harganya. Pastikan bagaimana harga di pasaran dengan penawaran yang diberikan. Jika harga yang ditawarkan terlalu murah sebaiknya tidak membeli dengan ceroboh.
Beberapa cara cek smartphone asli atau palsu ini bisa kita gunakan sebagai langkah agar tidak tertipu. Dengan begitu, smartphone asli tentu menjadi milik kita. Bisa terhindar dari pihak yang merugikan karena menjual smartphone palsu dengan sengaja.

Leave a Reply