Skip to main content

Cara Membersihkan Cache di Laptop Agar Tak Memakan Disk

Cara Membersihkan Cache di Laptop Agar Tak Memakan Disk - Salah satu penyebab dari penuhnya hard disk kita padahal tidak menggunakan penyimpanan terlalu besar adalah karena cache. Tentu hal ini akan sangat mengganggu. Bahkan tidak hanya ada di laptop tetapi ada juga di smartphone kita. Lalu bagaimana cara membersihkan cache di laptop kita? Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan agar memaksimalkan fungsi ruang penyimpanan tak hanya dihabiskan hanya karena cache.

Cara Membersihkan Cache di Laptop Agar Tak Memakan Disk

Terutama untuk mereka yang seringkali mengakses web atau menggunakan laptop maupun komputer untuk browsing maka ada banyak cache yang kemungkinan tersimpan. Maka dari itu, pastikan anda tahu bagaimana cara menghapusnya. Rutin membersihkan cache ini akan membuat gadget kita makin lancar saat digunakan terutama untuk menyimpan file yang berukuran besar.

Cara Membersihkan Cache di Laptop


1. Menggunakan Fitur Run

Salah satu cara membersihkan cache di laptop bisa dengan menggunakan fitur run. Misalnya seperti %temp% dan temp adalah sebauh cara atau eksekusi untuk bisa masuk ke folder temprary windows pada laptop anda. Metode pertama ini bisa dilakukan dengan mudah tanpa ada perangkat lunak tambahan. Folder temporary windows akan berisi file sementara misalnya saja seperti cookies, history, temporary hingga cache.

Cara untuk membersihkannya adalah dengan tekan windows+R dan nantinya anda akan dibawa pada fitur RUN. Ketikkan perintah %temp% kemudian tekan ENTER. Nantinya akan secara otomatis ada halaman folder temporary dan bersihkan semua folder dan file pada directory tersebut. Cara mudah ini tidak akan memakan waktu lama. Terutama mereka yang ingin membuat laptop menjadi lebih enteng saat digunakan. Baik untuk mengetik atau aktivitas lainnya.

2. Gunakan Windows Disk CleanUp

Cara yang kedua adalah dengan menggunakan windows disk cleanup.  Fitur yang mana sekaligus aplikasi bawaan dari windows. Aplikasi ini bisa digunakan untuk membersihkan file sementara yang ada di folder windows termasuk juga yang ada di Recycle Bin. Untuk membersihkan file cache yang ada, anda bisa melakukannya dengan mudah.

Klik menu start, lalu search disk cleanup. Setelah diklik, nantinya akan muncul pilihan drive dari partisi harddisk. Silakan anda memilih drive yang akan dihapus menggunakan disk cleanup. Tunggu beberapa saat dan akan muncul pilihan, centang semua dan klik OK. Tunggu hingga proses tersebut selesai dilakukan atau selesai bekerja.

3. Menggunakan Aplikasi Ccleaner

Ccleaner merupakan software Utility gratis yang telah dikembangkan oleh perusahaan piriform ltd. Dengan aplikasi ini, kita bisa mengoptimalkan komputer dan juga laptop windows kita dengan baik. Aplikasi ini juga diketahui bisa mengontrol semua aplikasi windows dengan baik. Cara membersihkan cache di laptop menggunakan aplikasi ini tergolong simpel. Setelah berhasil menginstallnya, buka aplikasi dan pilih jalankan ccleaner yang mana nanti secara otomatis akan membersihkan file cache. Cara ini tergolong mudah dan cepat sehingga sangat disarankan untuk para pemula yang inin merawat laptop agar tak terjadi kerusakan.


Inilah beberapa cara membersihkan cache di laptop untuk membuat kinerjanya makin enteng dan tak memberatkan kita saat sedang menggunakannya. Pastikan untuk selalu mengecek bagaimana kondisi laptop. Bersihkan cache dengan mudah tanpa atau menggunakan aplikasi. Pilih aplikasi terbaik yang ada di google playstore.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar