ads

Cara Memperbaiki Baterai Tanam yang Drop

Cara Memperbaiki Baterai Tanam yang Drop - Baterai pada smartphone adalah salah satu komponen penting. Bayangkan baterai yang anda miliki mudah drop maka akan mengganggu pola komunikasi ataupun kebutuhan kita dalam menggunakan smartphone. Belakangan ini hadir smartphone dengan baterai tanam yang mana tidak hanya satu dua saja tetapi banyak smartphone yang mulai menggunakan baterai model tanam. Tentu ada pihak yang suka ada juga yang tidak menyukainya karena jika rusak maka sulit untuk memperbaikinya. Lalu bagaimana cara memperbaiki baterai tanam yang drop dengan tepat?

Cara Mengatasi Baterai Tanam yang Drop

Baterai tanam memang membutuhkan perhatian khusus dibanding baterai smartphone model lainnya. Jika terjadi kerusakan, ada cara khusus untuk memperbaikinya. Berikut ini merupakan langkah dan cara-cara mudah yang bisa anda lakukan untuk memperbaiki baterai tanam yang drop.

6 Cara Memperbaiki Baterai Tanam yang Drop


1. Gunakan Charger Original

Salah satu cara memperbaiki baterai tanam yang drop adalah menggunakan charger yang original. Menggunakan charger asli adalah syarat agar baterai bisa lebih awet. Terutma baterai non removable yang memang tidak bisa untuk dibongkar pasang oleh pemilik. Charger original sendiri memberikan suplai yang sesuai dan dibutuhkan oleh baterai. Jika charger rusak, sebaiknya anda membeli yang asli karena nanti lama kelamaan bisa menyebabkan baterai drop jika menggunakan charger palsu. Cara untuk memilih charger yang bagus adalah tidak melihat dari luarnya saja tetapi juga dari kabel, struktur dan lain sebagainya.

2. Mengecek Temperature Baterai

Suhu smartphone idealnya adalah 18 hingga 35 sesuai dengan suhu kamar. Jika suhunya lebih rendah dari itu atau bahkan melebihi 35 C maka bisa merusak komponen yang ada. tentu anda bisa menghindarkan smartphone menaruhnya di tempat yang memiliki temperatur tinggi. Misalnya diatas TV, dashboard mobil atau bahkan di jok motor. Cara ini hanya akan merusak smartphone anda. Cara memperbaiki baterai tanam yang drop bisa dengan mengistirahatkan smartphone terlebih dahulu tidak sampai panas terlalu tinggi. Anda bisa menggunakan aplikasi pengecek temperatur.

3. Hindari Cas Berlebihan

Hal ini sudah diketahui banyak orang bahwa sebaiknya kita bisa cas handphone sesuai dengan batasnya. Tidak berlebihan bahkan berjam-jam. Apabila anda mengecas baterai segera mungkin untuk mencabutnya jika sudah 100%. Overcharging hanya akan menyebabkan baterai kembung. Hindari cas berlebihan jika anda tak mau membuat baterai smartphone mudah rusak.

4. Isi Baterai Sebelum Habis

Salah satu cara memperbaiki baterai tanam yang drop adalah dengan mengisi baterai sebelum habis. Teknologi baterai tanam sekarang ini memang menggunakan baterai jenis lithium polimer yang mana mengharuskan kita untuk mengecesnya sebelum baterai habis. Lakukan charge dengan benar dan sebisa mungkin diisi sampai penuh. Hindari pengisian baterai berlebihan. Pastikan bahwa anda mengecesnya dengan cara yang benar.

5. Tidak Menggunakan Handphone Saat Dicas

Menggunakan handphone saat dicas memang sudah menjadi kebiasaan banyak orang. Padahal kebiasaan ini justru akan membuat baterai mudah rusak. Cara memperbaiki baterai tanam yang drop dengan mudah adalah mematikan handphone, tidak menggunakannya selama pengisian daya. Anda juga bisa mengatur kapan waktu mengecasnya  agar tidak mengganggu aktivitas anda.


6. Tetap Isi Baterai Meski Tidak Digunakan

Meskipun smartphone anda tidak digunakan, sebaiknya tetap mengisi baterainya. Jika menyimpannya saja dalam jangka waktu lama maka akan mempengaruhi kinerja baterai. Maka dari itu, meski tidak digunakan tetap isi baterai hp.

Dengan beberapa cara memperbaiki baterai tanam yang drop ini membuat kita tak khawatir lagi untuk menggunakan smartphone tiap harinya. Namun tetap perlu adanya langkah pencegahan agar tidak rusak.

Berlangganan Update Artikel Terbaru Via E-mail:

Belum ada Komentar untuk "Cara Memperbaiki Baterai Tanam yang Drop"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel