4 Cara Mengatasi Insomnia yang Mengganggu Kesehatan

Cara Mengatasi Insomnia yang Mengganggu - Insomnia merupakan sebuah gangguan tidur yang ditandai dengan kesulitan saat akan terlelap maupun untuk tetap terlelap, meskipun Anda mempunyai kesempatan tersebut. Umumnya orang yang mengalami insomnia tidak merasa puas dengan kualitas tidurnya dan masih merasa kelelahan ketika bangun keesokan paginya. Kondisi tersebut bisa disebabkan seringnya terbangun di tengah tidurnya, sehingga waktu untuk beristirahat masih kurang.

Cara Mengatasi Insomnia dengan Cepat

Bagi anda yang mengalami hal tersebut tentu ingin tahu cara mengatasi insomnia sehingga bisa memiliki kualitas tidur yang lebih baik. Dengan memiliki kualitas tidur yang baik maka seserang akan lebih bahagia saat menjalani hari-harinya.

Bagi anda yang mengalami insomnia maka simak beberapa 4 cara mengatasi insomnia berikut.

1. Mengubah gaya hidup

Salah satu cara mengatasi insomnia dapat Anda lakukan dengan cara berhenti merokok, karena ternyata kandungan nikotin yang terdapat pada rokok, diyakini mampu memicu kesulitan tidur. Selain itu, dengan mengubah pola tidur secara konstan yaitu bangun dan tidur pada waktu yang sama setiap hari juga dapat membentuk kebiasaan bagi tubuh sehingga mampu mempengaruhi insomnia yang Anda miliki. Pengaturan paparan cahaya yang digunakan saat tidur, tidak menggunakan kamar tidur untuk melakukan aktivitas yang memaksa otak untuk tetap bekerja, membiasakan diri tidur ketika sudah merasa lelah serta menghindari tidur siang dengan waktu terlalu lama juga dapat mempengaruhi kualitas tidur Anda.

2. Perhatikan makanan yang dikonsumsi memasuki waktu tidur

Sejumlah penelitian berhasil membuktikan jika mengonsumsi minuman dan makanan yang mengandung kafein sebelum anda beranjak tidur, hal tersebut dapat menyulitkan Anda untuk terlelap. Mengonsumsi makanan maupun minuman dengan kandungan 400mg kafein selama enam jam sebelum tidur ternyata masih mampu mempengaruhi kualitas tidur Anda. Terlalu banyak minum sebelum beranjak tidur ternyata juga dapat menyebabkan Anda terbangun saat anda sedang tidur Anda karena merasa ingin buang air kecil. Cara mengatasi insomnia dengan meminum alkohol sebelum tidur ternyata salah karena hal itu dapat membuat Anda merasa sangat mengantuk, namun Anda malah akan terbangun setelahnya kemudian akan mengalami kesulitan untuk kembali terlelap.


3. Meningkatkan kuantitas aktivitas fisik

Cara yang satu ini mungkin tidak akan memberi Anda dampak dalam waktu yang cepat. Namun sebuah penelitian yang dilakukan pada 11 perempuan dengan insomnia, ternyata berhasil mengungkapkan bahwa dengan berolahraga 20-30 menit setiap hari secara rutin selam empat bulan, bisa berhasil meningkatkan kualitas tidur mereka.

4. Menggunakan bantuan petugas kesehatan

Cara mengatasi insomnia bisa dilakukan dengan terapi yang dikenal dengan nama cognitive behavioural therapy yang umum dilakukan dengan instruksi seorang petugas kesehatan yang sudah terlatih maupun seorang psikolog, melalui beberapa metode maupun tahapan. Tahapan yang dilakukan antara lain dengan membantu Anda untuk membentuk pola tidur yang konsisten, mengurangi waktu tidur dengan tujuan agar nantinya Anda benar-benar membutuhkan tidur. Dengan begitu maka waktu tidur Anda akan meningkat dengan sendirinya.


Sebenarnya begitu banyak hal yang dapat Anda coba lakukan untuk mengatasi insomnia yang dialami. Namun jika ternyata insomnia yang Anda alami merupakan dampak dari gangguan kesehatan lain yang sedang dialami, maka ada baiknya jika anda menangani gangguan kesehatan tersebut.

Ada Beberapa teknik lain selain cara mengatasi insomnia yang telah disebutkan diatas.  Hal tersebut dapat Anda coba dengan cara mengikuti program teknik relaksasi dan konseling guna menghilangkan tekanan maupun pikiran-pikiran yang biasanya menghambat seseorang untuk terlelap. Penggunaan pil tidur baru bisa dikonsumsi jika dokter Anda memang sudah menyarankan serta gagalnya segala cara yang telah coba dilakukan.

Berlangganan Update Artikel Terbaru Via E-mail:

Belum ada Komentar untuk "4 Cara Mengatasi Insomnia yang Mengganggu Kesehatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tautan II

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel