Cara Merawat Baterai Hp Tanam Agar Awet dan Tak Mudah Rusak

Kangarif.com - Baterai smartphone merupakan salah satu bagian vital. Terutama jika penggunaan dalam sehari-hari tergolong over. Tentu kita harus tahu bagaimana cara merawatnya agar tak mudah rusak meski kebutuhan kita akan handphone cukup tinggi. Belakangan ini banyak vendor smartphone yang menggunakan baterai tanam. Tak sedikit yang bingung bagaimana cara merawat baterai hp tanam agar awet. Sebab, meski sama-sama baterai tetapi cara kerja dan juga perlakuan yang dibutuhkan tentu berbeda.

Cara Merawat Baterai Hp Tanam Agar Awet dan Tak Mudah Rusak

Baterai tanam memang membuat kita tak perlu lagi membuka tutup smartphone ketika akan memasukkan kartu provider. Tetapi harus tahu apa saja yang harus kita lakukan agar baterai tanam ini tetaplah bisa bekerja maksimal pada hp kita dan tetap terawat. Berikut ini merupakan cara merawat baterai tanam pada hp yang anda miliki.

Cara Merawat Baterai Hp Tanam


1. Tidak Mencharger Terlalu lama

Cara merawat baterai hp tanam yang pertama adalah dengan tidak mencharger terlalu lama. Pastikan bahwa anda tidak mencharger baterai terlalu lama. Sebab cara ini hanya akan merusak cell yang ada di dalam baterai dan dikarenakan aliran listrik yang masuk ke dalam cell. Agar bisa mencegahnya, tidak perlu mencharger smartphone saat malam hari dan ketiduran membiarkan baterai penuh sampai berjam-jam. Hal ini hanya akan merusak baterai.

2. Menggunakan Charger Original

Banyak orang yang meremehkan penggunaan charger original. Hal ini hanya akan membuat baterai tanam mereka menjadi mudah rusak. Sebab, charger yang tidak original tentu akan menghantarkan aliran listirk dengan tegangan yang tidak sesuai. Bisa lebih tinggi ataupun lebih rendah. Padahal standard kapasitas baterai smartphone yang dicharger adalah salah satu cara merawat baterai hp tanam. Misalya saja anda menggunakan smartphone iPhone tetapi kepala charger Samsung. Hindari hal ini jika tidak ingin baterai tanam makin mudah rusak.

3. Gunakan Kabel USB Original

Sama halnya dengna charger, kabel data atau USB memang sebaiknya menggunakan yang original. Tak lain karena bisa membuat baterai lebih tahan lama. Penggunaan kabel USB original akan membuat baterai non removable ini lebih awet. Sebaiknya tidak menggunakan kabel merk smartphone lain meskipun mungkin untuk type usb kabelnya sama. Seperti yang kebanyakan terjadi adalah kabel charger advan dipakai pada smartphone Oppo.

4. Tidak Menggunakan Smartphone Saat Dicharger

Hindari menggunakan smartphone saat dicharge. Menjadi salah satu cara merawat baterai hp tanam yang sudah banyak diketahui tetapi hanya sedikit yang melakukannya. Mereka terlalu takut jauh dengan hp. Juga untuk mereka yang ingin baterai cepat penuh maka sebaiknya tidak dicharge dan digunakan secara bersamaan. Bahkan kebiasaan ini juga menjadi penyebab dari aliran listrik yang masuk akan langsung keluar karena smartphone sedang dalam penggunaan.


5. Memasang Aplikasi Penghemat Baterai

Banyak yang menggunakan aplikasi seperti ini sebagai cara merawat baterai tanam agar awet. Cara ini memang tertolong efektif untuk mematikan program yang tidak digunakan lagi tetapi sedang berjalan di smartphone kita. Pastikan anda telah memilih aplikasi penghemat baterai terbaik agar bisa menjadikan smartphone tetap berfungsi normal dan maksimal.

Ada banyak cara merawat baterai hp tanam yang bisa dilakukan. Bisa dengan charging hp sebelum 25% tidak membiarkan baterai terasa panas hingga membiasakan diri untuk charge hingga full dan segera mencabutnya jika memang sudah 100%. Ikuti beberapa cara ini untuk menghindarkan baterai anda rusak. Karena penyebab kerusakan tentu bermacam-macam seperti misalnya karena terlalu sering bermain game. Semoga Bermanfaat :)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Cara Merawat Baterai Hp Tanam Agar Awet dan Tak Mudah Rusak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel