ads

Syarat Wajib Sholat, dan Syarat Sah Sholat Yang Wajib Diketahui


Syarat Wajib Sholat, dan Syarat Sah Sholat Yang Wajib Diketahui - Sholat merupakan tiang agama, karena hal ini menjadi identitas seorang muslim yang utama, bukan hanya pengakuan Islam semata. Melainkan kemauan dan kesadaran seseorang untuk melakukan prosesi ini, karena dalam hal ini sholat menjadi salah satu cara untuk menenangkan diri dan pikiran dari hiruk pikuknya kesibukan dunia, untuk sejenak merenung dan mengarahkan pikiran pada Sang Maha Agung. Ada beberapa persyaratan yang harus anda ketahui dan dijalani ketika akan melaksanakan sholat yaitu syarat wajib dan syarat sah sholat.


Berikut ini akan di bahas mengenai syarat wajib dan sah sholat yang wajib untuk anda ketahui agar ibadah anda lebih khusyuk.


Syarat Wajib Sholat

Syarat wajib sholat merupakan suatu kedudukan atau keadaan yang menjadikan seseorang tersebut wajib untuk melaksanakan sholat. Artinya, apabila seseorang tersebut telah memenuhi syarat wajib sholat, Maka ia terkena tuntutan wajib melaksanakan sholat. Adapun Syarat Wajib Sholat Terdiri dari 3 Yakni :

Beragama Islam

Syarat Wajib Sholat yang pertama adalah Beragama Islam. Orang yang beragama islam wajib menunaikan sholat . Perlu diketahui, Syarat pertama menjadi Islam adalah dengan mengucapkan dua kalimah syahadat:

أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ
وَ أَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللهِ

Artinya : “Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan yang berhak disembah selain Allah, dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah.”


Baligh atau Sudah Dewasa

Baligh artinya seseorang yang telah mencapai kedewasaan. Sebelum memasuki usia baligh, seorang anak belum terkena tuntutan menjalankan syari’at secara sempurna. Namun, sebagai orang tua tetap wajib melatihnya untuk menjalankan syariat meskipun belum memasuki usia baligh.

Adapun Secara hukum Islam, seseorang dapat dikatakan baligh apabila : 
  • Sudah mengetahui, memahami, dan mampu membedakan mana yang baik dan mana yang buruk,
  • Sudah mencapai usia 15 tahun ke atas dan atau ditandai dengan mengalami mimpi basah (bagi laki-laki)
  • Sudah mencapai usia 9 tahun ke atas dan atau sudah mengalami "menstruasi". (bagi perempuan)

Berakal Sehat

Syarat Wajib Sholat berikutnya Berakal sehat, artinya seseorang memiliki akal yang sehat/sempurna, tidak gila, mampu membedakan mana yang baik dan mana yang buruk.


Jika sudah tahu mengenai syarat wajib sholat, anda juga harus tahu mengenai syarat sahnya sholat. Dibawah ini ada beberapa syarat sah sholat yang wajib anda ketahui.




Syarat Sah Sholat


Ada beberapa syarat yang perlu diperhatikan agar sholat yang dikerjakan sah. Adapun syarat tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

Suci Dari Hadats (Besar maupun Kecil)

Bagi seseorang yang ingin melaksanakan sholat, diwajibkan terlebih dahulu berwudhu agar ia suci dari hadats. Hadats sendiri terbagi 2, yakni hadats kecil dan hadats besar. Adapun cara untuk menghilangkan hadats kecil yakni dengan cara berwudhu. Dan cara menghilangkan hadats besar adalah dengan mandi wajib. 

Menutup Aurat

Pada saat sholat hendaklah menutup aurat.Aurat merupakan anggota tubuh yang wajib ditutupi. Adapun Batas aurat bagi laki-laki adalah antara pusar sampai lutut. Dan batas aurat bagi wanita adalah seluruh anggota badan kecuali wajah dan telapak tangan.

Sudah Masuk Waktu Sholat

Syarat sah sholat berikutnya adalah telah memasuki waktu shalat yang akan dikerjakan. Shalat dinyatakan tidak sah jika dikerjakan sebelum masuk waktunya.

Mengetahui Tata Cara Melaksanakan Ibadah Sholat

Syarat sah sholat berikutnya adalah mengetahui tata cara melaksanakan sholat. Seperti mengetahui rukun sholat, bacaan-bacan sholat, gerakan gerakan sholat dan lain sebagainya.

Menghadap Qiblat

Syarat sah sholat selanjutnya adalah menghadap qiblat. Arah kiblat bagi umat Islam diseluruh dunia adalah Ka’bah yang berada di Makkah. Menghadap ke arah kiblat merupakan syarat sahnya shalat, kecuali berada dalam 2 kondisi, yakni ketika kondisi yang sangat bahaya (perang berkecamuk) dan shalat sunnah yang dikerjakan saat perjalanan (didalam kendaraan).

Itulah tadi beberapa syarat wajib dan syarat sah sholat yang harus anda pahami. Mencapai sebuah kesempurnaan tidak bisa di lakukan dengan cara instan. Jangan malu jika anda memiliki dosa dan salah, karena Allah Maha Pemaaf, sedangkan jika anda sudah hijrah, Jangan nyinyir dengan mengatai orang lain. Jika anda mampu rangkul dan ajaklah mereka, bukan menyalahkan mereka. Sehingga anda tidak terjatuh dalam lembah kesombongan, Semoga informasi yang di berikan bermanfaat.

Berlangganan Update Artikel Terbaru Via E-mail:

Belum ada Komentar untuk "Syarat Wajib Sholat, dan Syarat Sah Sholat Yang Wajib Diketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel