Tata Cara Wudhu Yang Benar Sesuai Sunnah Beserta Doanya

Berikut ini akan di jelaskan mengenai tata cara wudhu yang baik dan benar sesuai anjuran yang dicontoh kan baginda Nabi besar Muhammad SAW.

Tata Cara Wudhu Yang Benar – Sebagai seorang muslim tentunya kita mengetahui mengenai fungsi dan kegunaan dari pada wudhu itu sendiri, mengingat hal ini menjadi salah satu syarat penting untuk di terimanya sholat kita. Selain itu wudhu sendiri menjadi salah satu amalan penting yang memiliki fungsi untuk menggugurkan dosa kita. Tentunya dalam hal ini adalah dosa kecil, sedangkan untuk wudhu sendiri kita harus memahami beberapa langkah atau tahapan yang harus kita lakukan agar wudhu kita sempurna. Berikut ini akan di jelaskan mengenai tata cara wudhu yang baik dan benar sesuai anjuran yang dicontoh kan baginda Nabi besar Muhammad SAW.

Tata Cara Wudhu Yang Benar dan Doa Setelah Wudhu

Sebelum melakukan prosesi tata cara wudhu yang pertama kali harus anda lakukan untuk memulai langkah awal dari proses ini adalah dengan memastikan tangan, kaki, dan bagian kulit yang lain bersih dari noda seperti cat, tinta bulpoin dan lain sebagainya yang memiliki dampak menghalangi air wudhu meresap ke kulit kita. Setelah di rasa bersih dari hal tersebut maka langkah selanjutnya yang mesti anda lakukan adalah :

1. Membaca niat

Segala sesuatu amalan yang kita kerjakan haruslah dengan niat. Karena Niat adalah sebagai tolok ukur suatu amalan tersebut diterima atau tidak. Jadi sebelum berwudhu silahkan baca niat wudhu berikut ini :

نَوَيْتُ الْوُضُوْءَ لِرَفْعِ الْحَدَثِ اْلاَصْغَرِ فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى

Latin : “Nawaitul whudu-a lirof’il hadatsii ashghori fardhon lillaahi ta’aalaa”

Artinya : “Akun niat berwudhu untuk menghilangkan hadas kecil fardu (wajib) karena Allah Ta’ala”

2. Membaca Basmallah

Setelah membaca niat dengan kesungguhan hati, Langkah selanjutnya dalam tata cara wudhu adalah membaca  بِسۡمِ ٱللهِ ٱلرَّحۡمَـٰنِ ٱلرَّحِيمِ  “bismillahirrohmanirrohim” sembari mencuci kedua belah tangan sampai pergelangan tangan hingga benar- benar bersih.

3. Berkumur-kumur

Langkah selanjutnya adalah Berkumur-kumur sebanyak 3 kali dan mengeluarkannya. Hal ini bertujuan untuk membersihkan gigi jika masih terdapat sisa-sisa makanan yang masih menempel pada gigi.

4. Mencuci Lubang hidung

Selanjutnya Mencuci lubang hidung sebanyak 3 kali. Hal ini bertujuan untuk mengeluarkan kotoran yang  menempel atau melekat dilubang atau rongga-rongga hidung . Serta disunnahkan juga muncuci lubang hidung dengan cara menghirup air dengan sekali hirup lalu mengeluarkannya dengan memencet hidung.

Baca Juga :  Rukun Sholat dan Penjelasan Singkat

5. Mencuci Muka

Mencuci muka sebanyak 3 kali pada saat berwudhu. Mulai dari tempat tumbuhnya rambut kepala hingga bawah dagu dan dari telinga kanan hingga telinga kiri.

6. Mencuci Kedua Belah Tangan Hingga ke Siku

Setelah mencuci muka, Lalu cuci kedua belah tangan hingga siku sebanyak 3 kali. Dahulukanlah tangan bagian kanan, barulah kemudian sebelah kiri. Pada saat membasuh tangan ini teliti setiap sudut dan bagian. Terutama pada sela-sela jari agar tidak ada kotoran yang menumpuk ada baiknya untuk benar-benar anda basuh melewati sele-sela antara jemari.

7. Mengusap Sebagian kepala (membasahi sebagian rambut kepala)

Tata cara wudhu selanjutnya adalah dengan mengusap sebagian kepala/sebagian rambut dengan air sebanyak 3 kali.

8. Membersihkan kedua telinga 

Langkah berwudhu selanjutnya adalah membersihkan kedua telinga dengan cara memasukan jari telunjuk ke dalam telinga, kemudian ibu jari mengusapkan kedua daun telinga. Basuh setiap rongga pada telinga anda dan belakang telinga hingga basah dengan air wudhu, Lakukan hal tersebut secara bersamaan antara telinga kanan dan telinga kiri.

9. Mencuci Kedua Kaki 

Cara berwudhu selanjutnya adalah memncuci kedua kaki hingga di atas mata kaki. Pada bagian kaki ini sama hal nya dengan tangan karena ada jari-jari kaki yang memiliki sela-sela ada baiknya untuk anda teliti. Agar setiap bagian dan sela kaki tersebut di lewati oleh air wudhu dan benar-benar basah dan bersih. Lakukan sebanyak 3 kali dan dimulai dari kaki sebelah kanan terlebih dahulu dan dilanjutkan kaki kiri.

10. Membaca Doa Setelah Wudhu

Setelah menyelesaikan beberapa tata cara wudhu yang telah di jelaskan dan di sebutkan di atas sebagai penutup adalah membaca doa wudhu.

اَشْهَدُاَنْ لَااِلٰهَ اِلَّا اللّٰهُ وَحْدَهُ لَاشَرِيْكَ لَهُ. وَاَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًاعَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللّٰهُمَّ اجْعَلْنِىْ مِنَاالتَّوَّابِيْنَ، وَجْعَلْنِيْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ، وَجْعَلْنِىْ مِنْ عِبَادِكَ الصَّالِحِيْنَ

Latin : “Asyhadu allaa ilaaha illallah wahdahu laa syariikalahu . Wa asyhadu anna Muhammadan’abduhu wa rasuuluhu Allahumma-j alnii minattabinna waj alnii minal mutathohiirina waj alnii min ‘ibadatishalihin.”

Artinya : “Aku bersaksi tiada Tuhan Selain Allah yang esa , tidak ada sekutu bagi-Nya . Dan aku bersaksi bahwa nabi Muhammad adalah hamba-Nya dan utusan-Nya . Ya Allah jadikanlah aku orang yang ahli taubat , dan jadikanlah aku orang yang suci , dan jadikanlah aku dari golongan hamba-hamba Mu yang sholeh.”

Maka setelah melakukan hal tersebut anda bisa melakukan sholat, mengaji atau lain sebagainya yang membutuhkan wudhu.

Baca Juga : Syarat Wajib Sholat, dan Syarat Sah Sholat Yang Wajib Diketahui

Itulah tata cara ber wudhu yang harus anda lakukan, teliti dan berhati-hati dalam hal ini sangat penting. Mengingat dalam proses wudhu bagi anda yang telah sempurna maka muka anda akan senantiasa bersinar. Semoga beberapa tuntunan yang di berikan dapat bermanfaat. Terima kasih 🙂

Leave a Reply