Tata Cara Dan Bacaan Sholat Maghrib Lengkap Beserta Artinya

Shalat merupakan perintah dari Allah. Sholat juga sebagai salah satu sarana yang paling utama dalam menjaluin hubungan antara manusia dengan Sang Pencipta yakni Allah Subhanahu wa Ta’ala,

Tata Cara Dan Bacaan Sholat Maghrib Lengkap Beserta Artinya - Menjalankan sholat bukan hanya sekedar kewajiban yang apabila dikerjakan mendapat pahala. Jika tidak dikerjakan mendapat dosa dan masuk neraka. Akan tetapi, Sholat dapat diartikan sebagai kebutuhan secara rohani maupun jasmani.

Shalat merupakan perintah dari Allah. Sholat juga sebagai salah satu sarana yang paling utama dalam menjaluin hubungan antara manusia dengan Sang Pencipta yakni Allah Subhanahu wa Ta’ala,
Nah, bagi anda yang masih belum paham atau pengen belajar bagaimana tata cara sholat, pada artikel ini Kang Arif akan membantu anda untuk mempelajarinya.

Kita mulai dari Sholat maghrib. Seperti yang kita ketahui bersama sholat maghrib terdiri dari 3 rakaat dan waktu pengerjaannya adalah ketika tenggelamnya matahari, sedangkan batas waktu akhirnya adalah ketika tenggelamnya ufuk. Untuk melihat waktu sholat maghrib didaerah anda, anda dapat melihatnya diwebsite jadwalsholat.org.

Tata Cara & Bacaan Sholat Maghrib

Bacaan Sholat Maghrib Pada Rakaat Ke 1 (Pertama)

1. Membaca Niat Sholat Maghrib

Membaca Niat Sholat Maghrib

Sebelum membaca niat sholat maghrib, diharuskan berdiri tegak (Bagi yang mampu) dan menghadap ke arah kiblat. Setelah itu, bacalah niat sholat magrib atau bisa juga hanya membaca niat tersebut didalam hati.

Adapun Bacaan Niat Sholat Magrib adalah sebagai berikut :

أُصَلِّى فَرْضَ المَغْرِبِ ثَلاَثَ رَكَعاَتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً (مَأْمُوْمًا/إِمَامًا) لله تَعَالَى

latin : "Ushallii fardhal Maghribi tsalaatsa raka’aatim mustaqbilal qiblati (adaaan) [makmuuman / imaaman] lilaahi ta’aalaa."

Artinya : Aku berniat mengerjakan sholat fardhu Maghrib 3 raka'at menghadap kiblat, (sebagai) [makmum / imam] karena Allah Ta’ala.

Penjelasan : kata-kata [makmuuman / imaaman] merupakan kalimat tambahan.Kalimat itu disebut salah satu saja menurut kebutuhannya. artinya jika anda menjadi Imam sholat, maka sebutkan kalimat imaman, demikian pula jika hanya menjadi makmum, maka sebutkan kalimat makmuman.

2. Takbiratul Ikhram

Takbiratul Ikhram

Setelah anda membaca niat, kemudian lakukanlah gerakan takbiratul ikhram dengan cara mengangkat ke duabelah tangan sampai di samping daun telinga (seperti terlihat pada gambar diatas)  sambil membaca kalimat takbir yakni "Allahu Akbar".

3. Berdiri Bersedekap

Berdiri Bersedekap

Setelah melakukan gerakan takbiratul ikhram tadi, kemudian dekapkan kedua tangan pada bawah dada (diatas perut), dengan aturan meletakkan telapak tangan sebelah kanan di letakan diatas pergelangan tangan kiri.

4. Kemudian Membaca Doa Iftitah, Al-Fatihah Dan Surat Pendek

a. Membaca Doa Iftitah

Doa iftitah hukumnya sunnah, membacanya boleh, tidak membacanya juga boleh. Akan tetapi sebaiknya dan dianjurkan untuk dibaca. Adapun bacaan doa iftitah adalah sebagai berikut :

اَللهُ أَكْبَرُ كَبِيْرًا. وَالْحَمْدُ ِللهِ كَثِيْرًا. وَسُبْحَانَ اللهِ بُكْرَةً وَأَصِيْلاً. إِنِّىْ وَجَّهْتُ وَجْهِيَ لِلَّذِيْ فَطَرَالسَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضَ حَنِيْفًا مُسْلِمًا وَمَا أَنَا مِنَ الْمُشْرِكِيْنَ. إِنَّ صَلاَتِيْ وَنُسُكِيْ وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِيْى ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. لاَشَرِيْكَ لَهُ وَبِذلِكَ أُمِرْتُ وَأَنَا مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ

Latin : allahu akbar kabiiro wal-hamdu lillaahi kasiiro wa subhaanallaahibukrotaw wa ashiilaa. innii wajjahtu wajhiya lil-ladzii fathoros-samaawaati wal ardho haniifam muslilaw wamaa ana minal-musyrikiin. innaa sholaatii wanusukii wamahyaaya wamamaatii lillaahirabbil-aalamiin. laa syariikalahu wa bidzaalika umirtu wa ana minal-muslimiin.


Artinya : Allah maha besar lagi sempurna kebesarannya, segala puji hanya kepunyaan allah, pujian yang banyak, dan maha suci allah diwahtu pagi dan petang. kuhadapkan wajahku (hatiku) kepada tuhan yang menciptakan langit dan bumi dengan keadaan lurus dan menyerahkan diri dan aku bukanlah dari golongan kaum musyrikin. sesungguhnya sholatku, ibadahku, hidupku dan matiku hanya untuk allah, tuhan seluruh alam, tidak ada sekutu baginya dan dengan itu aku diperintahkan untuk tidak menyekutukan nya, dan aku golongan dari orang muslimin.

b. Membaca Surat Al-Fatihah

Membaca surat Al-fatihah hukumnya wajib. Karena surat tersebut merupakan salah satu rukun sholat. Adapun bacaan Surah Al-fatihah :

 بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْم ﴿﴾  اَلْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ﴿﴾  اَلرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ. مَالِكِ يَوْمِ الدِّيْنِ﴿﴾  اِيَّاكَ نَعْبُدُ وَاِيَّاكَ نَسْتَعِيْنُ﴿﴾  اِهْدِنَاالصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيْمَ﴿﴾ صَرَاطَ الَّذِيْنَ اَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِالْمَغْضُوْبِ عَلَيْهِمْ وَلاَالضَّآلِّيْنَ﴿﴾ اَمِين

Latin : Bismillahirrahmanirrahim, alhamdulillahi rabbil alamin,arrahmaanirrahiim, maaliki yaumiddiin, iyyaka nabudu waiyyaaka nastaiin, ihdinashirratal mustaqim, shiratalladzina an’amta alaihim, ghairil maghduubi alaihim waladhaalin.

Artinya : Dengan menyebut nama allah yang maha pemurah lagi maha penyayang, segala puji bagi allah tuhan semesta alam, maha pemurah lagi maha penyayang, yang menguasai di hari, pembalasan, hanya Engkaulah yang kami sembah, dan hanya kepada Engkaulah kami meminta pertolongan, tunjukilah kami jalan yang lurus (yaitu) Jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepada mereka, bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat.

c. Membaca Surat-Surat Pendek

Membaca surat/ayat-ayat al qur'an yang dikuasai hukumnya sunnat, tidak membacanya pun boleh. Sebagai contoh surat


بِسْمِ اللَّـهِ الرَّحْمَـٰنِ الرَّحِيمِ

قُلْ يَا أَيُّهَا الْكَافِرُونَ ﴿١﴾ لَا أَعْبُدُ مَا تَعْبُدُونَ ﴿٢﴾ وَلَا أَنتُمْ عَابِدُونَ مَا أَعْبُدُ ﴿٣﴾ وَلَا أَنَا عَابِدٌ مَّا عَبَدتُّمْ ﴿٤﴾ وَلَا أَنتُمْ عَابِدُونَ مَا أَعْبُدُ ﴿٥﴾ لَكُمْ دِينُكُمْ وَلِيَ دِينِ

Latin : Bismillahirrahmanirrahim, Qul yaa ai-yuhaal kaafiruun. Laa a’budu maa ta’buduun. Walaa antum ‘aabiduuna maa a’bud. Walaa anaa ‘aabidum maa ‘abadtum. Walaa antum ‘aabiduuna maa a’bud.  Lakum diinukum waliya diin

Artinya : Dengan menyebut nama allah yang maha pemurah lagi maha penyayang.  Katakanlah: Hai orang-orang kafir. Aku tidak akan menyembah apa yang kamu sembah. Dan kamu bukan penyembah Tuhan yang aku sembah. Dan aku tidak pernah menjadi penyembah apa yang kamu sembah. Dan kamu tidak pernah (pula) menjadi penyembah Tuhan yang aku sembah. Untukmu agamamu, dan untukkulah, agamaku.

Setelah selesai membaca surat-surat pendek. Selanjutnya, Angkat kedua dekapan tangan tadi seperti melakukan takbiratul ikhram sambil membaca "Allahhu Akbar", lalu di lanjutkan dengan gerakan ruku'.

4. Ruku'
Ruku'

Posisi ruku' yang benar adalah dari punggung hingga kepala harus sejajar /rata, dan kedua telapak tangan diletakan di kedua lutut, jelasnya seperti gambar di atas. ketika ruku' silahkan membaca ayat di bawah ini.

سُبْحَانَ رَبِّيَ الْعَظِيْمِ وَبِحَمْدِهِ  (Di Baca Sebanyak 3 Kali)

Latin : Subhana rabbiyal 'azhim wa bihamdihi

Artinya : Maha Suci Tuhanku Yang Maha Agung Dan Dengan segala-puji Nya.

Setelah selesai membaca doa tadi, kemudian bangun dari ruku' berdiri tegak sambil mengangkat kedua tangan seperti saat takbiratul ikhram serta membaca :

سَمِعَ اللهُ لِمَنْ حَمِدَهُ

Latin : Sami’allahu liman hamidah

Artinya : Semoga Allah mendengar para pemuji-Nya

5. Membaca Doa I'tidal 

Membaca Doa I'tidal

Kemudian kedua tangan dilepaskan kebawah posisi badan tegap dan tangan lurus kebawah. dapat dilihat pada gambar di atas, lalu membaca :

رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ مِلْءُ السَّموَاتِ وَمِلْءُ اْلاَرْضِ وَمِلْءُمَاشِئْتَ مِنْ شَيْئٍ بَعْدُ

Latin : Rabbanaa lakal hamdu mil ‘us samaawaati wa mil ul ardhi wa mil ‘u maa syi’ta min syai’in ba’du.

Artinya : Ya Tuhan kami, Bagi-Mu segala puji, sepenuh langit bumi dan sepenuh apa yang Engkau kehendaki dari segala sesuatu sesudahnya.

Setelah Selesai, kemudian membaca Takbir "Allahhu Akbar", dan di lanjutkan dengan gerakan sujud.

6. Sujud

Sujud

Pada Saat sujud silahkan membaca doa berikut :

سُبْحَانَ رَبِّيَ اْلاَعْلَى وَبِحَمْدِهِ  (Dibaca Sebanyak 3 Kali)

Latin : Subhana rabbiyal a’la wa bihamdih

Artinya : Maha Suci Rabb-ku Yang Maha Luhur dan dengan puji-Nya

Setelah itu silahkan bangun dari sujud seraya membaca kalimat "Allahhu Akbar" dan melakukan duduk di antara dua sujud.

7. Duduk Diantara Dua Sujud

Duduk Diantara Dua Sujud

Posisi duduknya dengan beralaskan telapak kaki sebelah kiri, sedangkan kaki sebelah kanan berada dalam posisi telapak kakinya berdiri diatas jari-jari yang ditekuk menjurus kemuka. dapat dilihat pada gambar diatas.

Pada posisi ini silahkan membaca doa :

رَبِّ اغْفِرْلِيْ وَارْحَمْنِيْ وَاجْبُرْنِيْ وَارْفَعْنِيْ وَارْزُقْنِيْ وَاهْدِنِيْ وَعَافِنِيْ وَاعْفُ عَنِّيْ

Latin : Robighfirlii, warhamnii, wajburnii, warfa’nii, warzuqnii, wahdinii, wa’aafinii, wa’fu ‘annii.

Artinya : Ya Allah, Ampunilah aku, Belas kasihanilah aku, Cukupkanlah segala kekuranganku, Angkatlah derajatku, Berilah rezeki kepadaku, Berilah petunjuk kepadaku, Berilah kesehatan kepadaku, dan berilah ampunan kepadaku.

Kemudian kembali lakukan sujud yang ke 2 seraya membaca "Allahhu Akbar" dan silahkan baca ayat yang sama seperti sujud pertama tadi yaitu :

سُبْحَانَ رَبِّيَ اْلاَعْلَى وَبِحَمْدِهِ  (Dibaca Sebanyak 3 Kali)

Latin : Subhana rabbiyal a’la wa bihamdih

Artinya : Maha Suci Rabb-ku Yang Maha Tinggi dan dengan puji-Nya

Setelah selesai sujud yang kedua, lalu bangun berdiri sambil membaca kalimat takbir "Allahhu Akbar". Kemudian tangan kembali bersedekap seperti awal sholat tadi. Bacaan sholat magrib rakaat pertama selesai, ini berarti sudah mendapat 1 rakaat dan memulai untuk melanjutkan rakaat kedua.


Bacaan Sholat Maghrib Pada Rakaat Ke 2 (Dua)

Adapun gerakan dan bacaan sholat maghrib pada rakaat kedua hampir sama dengan rakaat pertama. yakni :

1. Berdiri Bersedekap


2. Membaca surat al-fatihah dan satu surat pendek.

a. Membaca Surat Al-Fatihah

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْم ﴿﴾  اَلْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ﴿﴾  اَلرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ. مَالِكِ يَوْمِ الدِّيْنِ﴿﴾  اِيَّاكَ نَعْبُدُ وَاِيَّاكَ نَسْتَعِيْنُ﴿﴾  اِهْدِنَاالصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيْمَ﴿﴾ صَرَاطَ الَّذِيْنَ اَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِالْمَغْضُوْبِ عَلَيْهِمْ وَلاَالضَّآلِّيْنَ﴿﴾ اَمِين

Latin : Bismillahirrahmanirrahim, alhamdulillahi rabbil alamin,arrahmaanirrahiim, maaliki yaumiddiin, iyyaka nabudu waiyyaaka nastaiin, ihdinashirratal mustaqim, shiratalladzina an’amta alaihim, ghairil maghduubi alaihim waladhaalin.

Artinya : Dengan menyebut nama allah yang maha pemurah lagi maha penyayang, segala puji bagi allah tuhan semesta alam, maha pemurah lagi maha penyayang, yang menguasai di hari, pembalasan, hanya Engkaulah yang kami sembah, dan hanya kepada Engkaulah kami meminta pertolongan, tunjukilah kami jalan yang lurus (yaitu) Jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepada mereka, bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat.

b. Membaca Surat Pendek Lainya, Salah Satunya Seperti Surat Al-Ikhlas


بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَـٰنِ الرَّحِيمِ ﴿﴾ قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ ﴿﴾ اللَّهُ الصَّمَدُ ﴿﴾ لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُولَدْ ﴿﴾ وَلَمْ يَكُن لَّهُ كُفُوًا أَحَدٌ

Latin : Qul huwa allaahu ahad, allaahu alshshamad, lam yalid walam yuulad, walam yakullahu kufuwan ahad.

Artinya : Katakanlah: Dia-lah Allah, Yang Maha Esa. Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu. Dia tiada beranak dan tidak pula diperanakkan. Dan tidak ada seorangpun yang setara dengan Dia

Setelah itu silahkan mengangkat kedua tangan seperti takbiratul ikhram seraya membaca takbir "Allahhu Akbar" lalu lakukan gerakan ruku'.

3. Rukuk


Sebenarnya bacaan setiap ruku' pada sholat tidak ada bedanya, yaitu :

سُبْحَانَ رَبِّيَ الْعَظِيْمِ وَبِحَمْدِهِ  (Di Baca Sebanyak 3 Kali)

Latin : Subhana rabbiyal 'azhim wa bihamdihi

Artinya : Maha suci Tuhanku Yang Maha Agung Dan Dengan Memuji-Nya.

Kemudian bangun dari ruku' dan berdiri tegak seraya mengangkat kedua tangan serta membaca :


سَمِعَ اللهُ لِمَنْ حَمِدَهُ

Latin : Sami’allahu liman hamidah

Artinya : Semoga Allah mendengar para pemuji-Nya

4. Membaca Doa I'tidal


Kemudian kembali luruskan posisi kedua tangan seperti sikap siap, badan tegap lihat gambar di atas, lalu membaca :

رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ مِلْءُ السَّموَاتِ وَمِلْءُ اْلاَرْضِ وَمِلْءُمَاشِئْتَ مِنْ شَيْئٍ بَعْدُ

Latin : Rabbanaa lakal hamdu mil ‘us samaawaati wa mil ul ardhi wa mil ‘u maa syi’ta min syai’in ba’du.

Artinya : Ya Allah Tuhan kami, Bagi-Mu segala puji, sepenuh langit dan bumi dan sepenuh barang yang Kau kehendaki sesudah itu.

Selanjutnya lakukan gerakan sujud sambil membaca "Allahhu Akbar"

5. Sujud


Pada saat sujud ayat yang di baca masih sama saja yaitu :


سُبْحَانَ رَبِّيَ اْلاَعْلَى وَبِحَمْدِهِ  (Dibaca Sebanyak 3 Kali)

Latin : Subhana rabbiyal a’la wa bihamdih

Artinya : Maha Suci Rabb-ku Yang Maha Luhur dan dengan puji-Nya

Kalau sudah selesai silahkan bangun dari sujud dan duduk di antara dua sujud dengan mengucap "Allahhu Akbar" lihat pada gambar di bawah ini.

6. Duduk Diantara Dua Sujud


Masih sama saja, Pada posisi ini silahkan membaca doa :

رَبِّ اغْفِرْلِيْ وَارْحَمْنِيْ وَاجْبُرْنِيْ وَارْفَعْنِيْ وَارْزُقْنِيْ وَاهْدِنِيْ وَعَافِنِيْ وَاعْفُ عَنِّيْ

Latin : Robighfirlii, warhamnii, wajburnii, warfa’nii, warzuqnii, wahdinii, wa’aafinii, wa’fu ‘annii.

Artinya : Ya Allah, Ampunilah aku, Belas kasihanilah aku, Cukupkanlah segala kekuranganku, Angkatlah derajatku, Berilah rezeki kepadaku, Berilah petunjuk kepadaku, Berilah kesehatan kepadaku, dan berilah ampunan kepadaku.

Kemudian silahkan kembali sujud seraya mengucap "Allahhu Akbar"

7. Sujud


Baca lagi Doa sujud sebagai berikut:

سُبْحَانَ رَبِّيَ اْلاَعْلَى وَبِحَمْدِهِ  (Dibaca Sebanyak 3 Kali)

Latin : Subhana rabbiyal a’la wa bihamdih

Artinya : Maha Suci Rabb-ku Yang Maha Tinggi dan dengan puji-Nya

Setelah itu, jangan langsung berdiri, silahkan duduk sejenak di antara dua sujud dan membaca tasyahud atau tahiyyat pertama. silahkan lihat di bawah ini.

8. Duduk Tasyahud Atau Tahiyyat Awal


Posisi Duduk tasyahud/Tahiyyat awal sama seperti posisi duduk di antara dua sujud. Lalu membaca tasyahud atau tahiyyat awal. Adapun bacaanya dapat dilihat sebagai berikut.

اَلتَّحِيَّاتُ الْمُبَارَكَاتُ الصَّلَوَاتُ الطَّيِّبَاتُ ِللهِ، السَّلاَمُ عَلَيْكَ اَيُّهَا النَّبِيُّ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ، السَّلاَمُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِاللهِ الصَّالِحِيْنَ، أَشْهَدُ اَنْ لآ إِلَهَ إِلاَّاللهُ وَاَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهُ، اَللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ

Latin : At tahiyyaatul mubaarakaatush shalawaatuth thayyibaatulillaah, Assalaamu alaika ayyuhan nabiyyu warahmatullaahi wabarakaatuh, Assalamu alainaa wa alaa ibaadillaahish shaalihiina, Asyhadu an laa ilaaha illallaah, wa asyhadu anna Muhammadar Rasuulullaah, Allaahumma shalli alaa sayyidinaa Muhammad Wa alaa aali sayyidinaa Muhammad

Artinya : Segala kehormatan, keberkahan, kebahagiaan, dan kebaikan bagi Allah, Segala keselamatan tetap untuk engkau, hani Nabi, dan demikian juga rahmat Allah dan berkahNya, Mudah-mudahan keselamatan tetap untuk kami sekalian dan untuk para hamba Allah yang shalih-shalih, Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah. Dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah, Ya Allah, Limpahilah rahmat kepada Nabi Muhammad, Ya Allah, Limpahilah rahmat atas keluarga Nabi Muhammad

Tata cara dan gerakan pada posisi tasyahud atau tahiyyat awal adalah :

a. Posisi kaki saat duduk : Posisi duduk harus di pinggir atau di atas telapak kaki kiri, lalu kaki sebelah kanan jari dan jempolnya di tekut, sehingga telapaknya terlihat dari belakang. jelasnya bisa lihat pada gambar di atas.

b. Gerakan jari telunjuk : Pada saat membaca bacaan tasyahud atau tahiyyat jari telunjuk kanan (hanya jari telunjuk, jari yang lain seperti menggenggam) diacungkan seperti menunjuk sesuatu, ketika sudah sampai  pada bacaan أَشْهَدُ اَنْ لآ إِلَهَ, sementara itu telapak dan jari tangan sebelah kiri di rapatkan dan di letakan dengan rapi di atas lutut kaki kiri.

apabila sudah selesai silahkan kembali berdiri tegap atau bangun seraya mengangkat kedua tangan seperti takbiratul ikhram dan mengucap "allahhu akbar", kemudian tangan kembali bersedekap. dan melanjutkan rakaat ketiga atau rakaat terakhir pada sholat maghrib.

Bacaan Sholat Maghrib Rakaat Ke 3 (Tiga) Atau Rakaat Terakhir

1. Berdiri Bersedekap


Pada rakaat yang terakhir, dan pada posisi berdiri tegap bacaan yang harus di baca hanyalah surat al-fatihah. Sekali lagi di jelaskan bahwa surat Al-fatihah wajib di baca. hal ini dikarenakan ia merupakan salah satu rukun sholat.

2. Membaca Surat Al-Fatihah

 بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْم ﴿﴾  اَلْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ﴿﴾  اَلرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ. مَالِكِ يَوْمِ الدِّيْنِ﴿﴾  اِيَّاكَ نَعْبُدُ وَاِيَّاكَ نَسْتَعِيْنُ﴿﴾  اِهْدِنَاالصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيْمَ﴿﴾ صَرَاطَ الَّذِيْنَ اَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِالْمَغْضُوْبِ عَلَيْهِمْ وَلاَالضَّآلِّيْنَ﴿﴾ اَمِين

Latin : Bismillahirrahmanirrahim, alhamdulillahi rabbil alamin,arrahmaanirrahiim, maaliki yaumiddiin, iyyaka nabudu waiyyaaka nastaiin, ihdinashirratal mustaqim, shiratalladzina an’amta alaihim, ghairil maghduubi alaihim waladhaalin.

Artinya : Dengan menyebut nama allah yang maha pemurah lagi maha penyayang, segala puji bagi allah tuhan semesta alam, maha pemurah lagi maha penyayang, yang menguasai di hari, pembalasan, hanya Engkaulah yang kami sembah, dan hanya kepada Engkaulah kami meminta pertolongan, tunjukilah kami jalan yang lurus (yaitu) Jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepada mereka, bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat.

Setelah selesai membaca surat al-fatihah silahkan mengangkat kedua tangan sambil mengucap "allahhu akbar", kemudian lakukan gerakan ruku' sama seperti ruku'-ruku' sebelumnya.

3. Ruku'


Bacaanya masih sama dengan ruku' sebelumnya yaitu :

سُبْحَانَ رَبِّيَ الْعَظِيْمِ وَبِحَمْدِهِ  (Di Baca Sebanyak 3 Kali)

Latin : Subhana rabbiyal 'azhim wa bihamdihi

Artinya : Maha Suci Tuhanku Yang Maha Agung Dan Dengan segala-puji Nya.

Selanjutnya silahkan bangun dari ruku' dan berdiri tegak sambil mengangkat kedua tangan dan membaca :

سَمِعَ اللهُ لِمَنْ حَمِدَهُ

Latin : Sami’allahu liman hamidah

Artinya : Semoga Allah mendengar para pemuji-Nya

4. Membaca Doa I'tidal


Kemudian kembali luruskan posisi kedua tangan seperti sikap siap, lalu membaca :

رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ مِلْءُ السَّموَاتِ وَمِلْءُ اْلاَرْضِ وَمِلْءُمَاشِئْتَ مِنْ شَيْئٍ بَعْدُ

Latin : Rabbanaa lakal hamdu mil ‘us samaawaati wa mil ul ardhi wa mil ‘u maa syi’ta min syai’in ba’du.

Artinya : Ya Allah Tuhan kami, Bagi-Mu segala puji, sepenuh langit dan bumi dan sepenuh barang yang Kau kehendaki sesudah itu.

Setelah itu silahkan sujud Sambil membaca takbir "Allahhu Akbar"

5. Sujud


Seperti sujud pada rakaat-rakaat sebelumnya, pada saat sujud baca doa:

سُبْحَانَ رَبِّيَ اْلاَعْلَى وَبِحَمْدِهِ  (Dibaca Sebanyak 3 Kali)

Latin : Subhana rabbiyal a’la wa bihamdih

Artinya : Maha Suci Rabb-ku Yang Maha Tinggi dan dengan puji-Nya

Lalu bangun dan duduk diantara dua sujud dengan mengucap "Allahhu Akbar"

6. Duduk Diantara Dua Sujud


Duduk diantara dua sujud, bacaanya masih sama seperti rakaat sebelumnya yaitu :
رَبِّ اغْفِرْلِيْ وَارْحَمْنِيْ وَاجْبُرْنِيْ وَارْفَعْنِيْ وَارْزُقْنِيْ وَاهْدِنِيْ وَعَافِنِيْ وَاعْفُ عَنِّيْ

Latin : Robighfirlii, warhamnii, wajburnii, warfa’nii, warzuqnii, wahdinii, wa’aafinii, wa’fu ‘annii.

Artinya : Ya Allah, Ampunilah aku, Belas kasihanilah aku, Cukupkanlah segala kekuranganku, Angkatlah derajatku, Berilah rezeki kepadaku, Berilah petunjuk kepadaku, Berilah kesehatan kepadaku, dan berilah ampunan kepadaku.

Setelah membaca ayat tersebut, silahkan sujud kembali tak lupa sambil mengucap takbir "allahhu akbar"

7. Sujud


Seperti sujud pada rakaat-rakaat sebelumnya, pada saat sujud baca doa:

سُبْحَانَ رَبِّيَ اْلاَعْلَى وَبِحَمْدِهِ  (Dibaca Sebanyak 3 Kali)

Latin : Subhana rabbiyal a’la wa bihamdih

Artinya : Maha Suci Rabb-ku Yang Maha Tinggi dan dengan puji-Nya

Lalu bangun dan duduk diantara dua sujud dengan mengucap "Allahhu Akbar" untuk membaca dan melakukan tasyahud atau tahiyyat akhir.

8. Duduk Tasyahud Atau Tahiyyat Akhir


Pada duduk di antara dua sujud tahiyyat akhir, posisi kaki berbeda dengan tahhiyat awal, yaitu telapak kaki kiri di silangkan atau di masukan ke sebelah kanan hingga keluar dan kelihatan dari samping kanan. namun posisi kaki kiri masih sama seperti seperti saat tahiyyat awal yakni berdiri tegak dengan jari-jari kaki ditekuk.

Duduk di antara dua sujud guna membaca tahiyyat akhir, berikut bacaanya :

Saat sudah sampai pada bacaan أَشْهَدُ اَنْ لآ إِلَهَ إِلاَّا jari telunjuk di acungkan kedepan.

اَلتَّحِيَّاتُ الْمُبَارَكَاتُ الصَّلَوَاتُ الطَّيِّبَاتُ ِللهِ، السَّلاَمُ عَلَيْكَ اَيُّهَا النَّبِيُّ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ، السَّلاَمُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِاللهِ الصَّالِحِيْنَ، أَشْهَدُ اَنْ لآ إِلَهَ إِلاَّاللهُ وَاَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهُ، اَللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى سَيِّدِنَا اِبْرَاهِيْمَ، وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا اِبْرَاهِيْمَ، وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، كَمَا بَارَكْتَ عَلَى سَيِّدِنَا اِبْرَاهِيْمَ، وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا اِبْرَاهِيْمَ فِى الْعَالَمِيْنَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ

Latin : At tahiyyaatul mubaarakaatush shalawaatuth thayyibaatulillaah, Assalaamu alaika ayyuhan nabiyyu warahmatullaahi wabarakaatuh, Assalamu alainaa wa alaa ibaadillaahish shaalihiina, Asyhadu an laa ilaaha illallaah, wa asyhadu anna Muhammadar Rasuulullaah, Allaahumma shalli alaa sayyidinaa Muhammad Wa alaa aali sayyidinaa Muhammad, Kamaa shallaita alaa sayyidinaa Ibraahiim wa alaa aali sayyidinaa Ibraahim, Wa baarik alaa sayyidinaa Muhammad wa’alaa aali sayyidinaa Muhammad, Kamaa baarakta alaa sayyidinaa Ibraahiim wa alaa aali sayyidinaa Ibraahiim, Fil aaalamiina innaka hamiidum majiid

Artinya : Segala kehormatan, keberkahan, kebahagiaan, dan kebaikan bagi Allah, Segala keselamatan tetap untuk engkau, hani Nabi, dan demikian juga rahmat Allah dan berkahNya, Mudah-mudahan keselamatan tetap untuk kami sekalian dan untuk para hamba Allah yang shalih-shalih, Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah. Dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah, Ya Allah, Limpahilah rahmat kepada Nabi Muhammad, Ya Allah, Limpahilah rahmat atas keluarga Nabi Muhammad, Sebagaimana pernah Engkau beri rahmat kepada Nabi Ibrahim dan keluarganya Dan limpahilah berkah atas Nabi Muhammad beserta para keluarganya, Sebagaimana Engkau memberi berkah kepada Nabi Ibrahim dan keluarganya, Di seluruh alam semesta Engkaulah yang terpuji dan Maha Mulia

Apabila telah selesai membaca tahiyyat akhir di atas, selanjutnya adalah mengucapkan salam,

9. Mengucap Salam


Gerakan terakhir dalam semua sholat termasuk sholat magrib adalah salam, yakni :

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ

Artinya : Salam sejahtera semoga tetap pada kalian

Pada saat mengucapkan salam jari telunjuk yang mengacung ke depan tadi segera di turunkan seperti semua. Sementara itu disusul kepala menoleh kekanan, dada tetap menghadap qiblat. setelah selesai menghadap kekanan. Lalu  kepala kembali menghadap kearah kiblat. kemudian kembali membaca salam :

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ

diteruskan menoleh kekiri dengan posisi dada tetap mengarah ke kiblat.

Bagaimana ? mudah bukan ? Demikianlah tata cara dan bacaan sholat magrib lengkap beserta artinya yang dapat Kangarif.com bagikan, Semoga dapat bermanfaat bagi seluruh umat muslim/islam indonesia maupun dunia. Syukron :)

Berlangganan Update Artikel Terbaru Via E-mail:

Belum ada Komentar untuk "Tata Cara Dan Bacaan Sholat Maghrib Lengkap Beserta Artinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tautan II

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel