5 Tips Mencegah Virus Malware di Android


5 Tips Mencegah Virus Malware di Android – Saat ini virus dan malware tidak hanya dapat menjangkiti komputer atau laptop saja. Smartphone android Anda juga dapat terkena virus dan menghambat performa dan kinerja ponsel Anda. nah, berikut ini beberapa tips untuk mencegah dan mengatasi virus pada android.

Hindari Meng-install Aplikasi Ilegal 

Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk mencegah virus malware pada android adalah menghindari mengunduh aplikasi dari pihak ketiga atau ilegal. Selalu gunakan Google Play Store untuk mengunduh aplikasi apapun agar smartphone Anda terhindar dari virus mematikan. Mengunduh aplikasi dari pihak ketiga dapat memperbesar peluang smartphone Anda terjangkiti virus.

Selain itu, Anda perlu berhati-hati pada aplikasi-aplikasi yang tidak dikenali atau mencurigakan yang ada di Play Store. Beberapa virus menyamar menjadi aplikasi bentukan atau game bajakan. Anda perlu berhati-hati dan memperhatikan review aplikasi sebelum mengunduh aplikasi.

Lakukan Update Sistem Operasi Secara Berkala 

Setiap smartphone biasanya memiliki sistem keamanan bawaan yang terdapat pada sistem operasi. Oleh karena itu, melakukan update secara berkala dapat mencegah virus malware di android Anda. Pembaruan sistem operasi akan membentengi smartphone Anda agar terhindar dari serangan virus dan malware.

Banyak orang mengira melakukan pembaruan sistem operasi akan memperlambat kinerja smartphone. Padahal, pihak pengembang telah merancang sistem operasi sedemikian rupa yang akan mempercepat performa smartphone serta melindungi ponsel Anda dari virus. Jadi, jangan lupa untuk melakukan pembaruan sistem operasi android Anda.

Install Aplikasi Keamanan

Meski sudah dilengkapi dengan fitur keamanan, sistem operasi android tetap memerlukan aplikasi keamanan untuk melindungi smartphone Anda. Aplikasi ini akan mencegah virus malware di android Anda sebelum mengganggu kinerjanya. Tidak hanya memiliki fitur keamanan, aplikasi ini juga memiliki fitur untuk melakukan back up data, menghapus cache serta mengunci aplikasi.

Baca Juga : Rekomendasi Antivirus Ampuh di Laptop

Mengunduh aplikasi keamanan ini akan melindungi smartphone Anda secara maksimal. Anda dapat menggunakan beberapa aplikasi yang direkomendasikan seperti 360 security, AVG anti virus, avast mobile security atau clean master. Melakukan scanning virus dan malware secara berkala melalui aplikasi keamanan akan mencegah virus menetap lebih lama pada android Anda.

Matikan Hotspot dan Bluetooth Setelah Digunakan 

Tips lainnya untuk mencegah virus malware di android adalah tidak membiarkan fitur hotspot dan bluetooth aktif begitu saja. Mengaktifkan kedua fitur ini tidak dalam pengawasan penuh dapat berdampak buruk dan bisa membuat smartphone Anda terjangkiti virus. Beberapa virus menyebar dengan menggunakan koneksi bluetooth dan hotspot wifi. Segera matikan kedua fitur ini setelah selesai menggunakannya.

Selain kedua fitur di atas, Anda perlu menonaktifkan fitur auto connect wifi pada smartphone Anda. Wifi tanpa password yang mencurigakan dapat dimanfaatkan pemiliknya untuk melihat riwayat smartphone Anda. Semua aplikasi yang Anda buka saat terhubung dengan wifi ini juga dapat dilihat, dipantau dan disalah gunakan. Sebagai saran, jangan membuka aplikasi mobile banking saat terhubung dengan wifi publik.

Hati-Hati Saat Melakukan Browsing 

Tips terakhir untuk mencegah virus malware di android Anda adalah berhati-hati saat melakukan browsing dengan smartphone. Terkadang saat berselancar melalui browser, muncul pop up yang memberitahu ponsel Anda terkena virus dan memaksa Anda menginstall sebuah aplikasi. Jika terjadi hal seperti ini, segera keluar dari browser dan bersihkan jendela aplikasinya. Jangan khawatir, sebenarnya smartphone Anda dalam keadaan baik-baik saja dan notifikasi tadi hanyalah jebakan untuk masuknya virus.

Baca Juga : Ketahui Tips Melindungi Android dari Malware

Itulah beberapa tips mencegah virus malware di android. Menghindari mengunduh aplikasi ilegal, berhati-hati saat browsing, mengunduh aplikasi keamanan serta menonaktifkan wifi dan bluetooth adalah langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengamankan smartphone Anda dari serangan virus dan malware.

Leave a Reply