Tips Merawat Laptop dengan Baik agar Tetap Awet

Jika kamu menginginkan laptopmu lebih awet dan tahan lama, simak dan praktikkan tips sederhana dalam Merawat Laptop dengan Baik agar Tetap Awet.

Tips Merawat Laptop dengan Baik agar Tetap Awet – Laptop merupakan salah satu perangkat elektronik yang umum dipakai hampir seluruh kalangan masyarakat. Para mahasiswa hingga pekerja menggunakan laptop sebagai sarana penunjang kegiatan harian mereka. Tak jarang banyak orang yang memforsir kinerja laptop tanpa mempertimbangkan hal-hal dasar perawatannya. Hal ini akan membuat laptop akan cepat rusak dan menurunkan performanya.

Jika kamu menginginkan laptopmu lebih awet dan tahan lama, simak dan praktikkan tips sederhana dalam Merawat Laptop dengan Baik agar Tetap Awet.

Hindari Penggunaan Laptop di Atas Kasur Terlalu Lama

Menggunakan laptop di atas kasur memang terlihat nyaman, bisa dipakai sambil tiduran atau bersantai ringan. Hanya saja, kamu perlu waspada penggunaan laptop yang terlalu lama di atas kasur. Panas yang dihasilka oleh laptop tidak akan dapat keluar dengan maksimal akan menyebabkan laptop overheat. Tips merawat laptop yang paling mudah untuk penggunaan di atas kasur yakni menggunakan cooler atau kipas laptop. Harganya cukup terjangkau dan tidak menguras kantong.

Jauhkan Minuman atau Benda Cair Lainnya dari Laptop

Barang elektronik akan rentan rusak bila bersinggungan dengan benda cair. Oleh karenanya, sebisa mungkin kamu jauhkan berbagai benda cair dan minuman dari area laptop saat digunakan. Minuman yang tertumpah pada keyboard atau layar laptop akan berpotensi mengenai hardware hingga software di dalamnya. Efeknya, laptop dapat mati total atau keyboard tidak dapat digunakan.

Baca Juga : 7 Tips Mempercepat Proses Charging pada Smartphone

Rutin Melakukan Pembersihan

Melakukan pembersihan adalah salah satu Tips Merawat Laptop dengan Baik agar Tetap Awet yang seringkali dilewatkan. Padahal, pembersihan yang rutin dapat meminimalisir debu yang menumpuk pada layar atau keybord laptopmu. Layarnya akan lebih awet dan terhindar dari goresan jika kamu melapisinya dengan screen protector. Harganya masih bisa dijangkau untuk kalangan mahasiswa.

Perlakukan Laptop dengan Baik

Laptop yang berdesakan dengan buku atau barang-barang berat biasanya akan langsung menunjukkan tanda-tanda “stress”. Bisa jadi layarnya bergaris, bisa pula ia “ngambek” tidak mau menyala. Hal ini dikarenakan kondisi laptop yang tidak mendapatkan udara lebih bebas untuk “bernapas”. Saat membawa laptop, pastikan ia terlindungi di dalam tas dengan nyaman, tidak terpapar matahari langsung, dan tidak bersinggungan dengan benda cair.

Memperlakukan laptop dengan selalu men-shutdown-nya setelah digunakan juga menjadi salah satu tips merawat laptop yang harus dilakukan. Jika ingin baterai tetap awet, pastikan lakukan charge sebelum baterai habis. Kamu juga harus memastikan baterai penuh hingga 50% atau lebih saat hendak meninggalkannya dalam jangka waktu yang lama. Hal ini diperlukan agar baterai tetap awet meskipun kamu tidak menggunakannya dalam waktu yang lama.

Unduh Antivirus yang Berlisensi

Fungsi dari pengunduhan antivirus yakni melindungi software laptop dari berbagai virus yang bisa datang dari mana saja. Terutama jika kamu merupakan pribadi yang kerap menggunakan USB sebagai salah satu alat transfer data dan prin. Antivirus akan menjadi detektor yang dapat membuang segala ancaman yang datang untuk merusak software. Oleh karenanya, kamu harus bijak dalam mengunduh antivirus berlisensi agar laptop dan USB yang digunakan tetap aman.

Baca Juga : Rekomendasi Antivirus Ampuh Basmi Virus di Laptop

Beberapa Tips Merawat Laptop dengan Baik agar Tetap Awet yang telah dijabarkan sangat mudah untuk dilakukan. Jika perawatan dan perlakuanmu terhadap laptop cukup baik, maka daya durabilitas laptop juga akan lebih lama. Segera hubungi tempat service laptop apabila menemui kendala yang tidak dapat kamu atasi seorang diri. Laptop yang bermasalah akan segera tertangani oleh pihak yang lebih paham mengenai kondisinya.

Leave a Reply