7 Tips Mempercepat Proses Charging pada Smartphone

7 Tips Mempercepat Proses Charging pada Smartphone

7 Tips Mempercepat Proses Charging pada Smartphone – Salah satu hal yang sering dikeluhkan para pengguna android adalah cepatnya baterai smartphone habis. Selain itu, proses charging yang terbilang cukup lama juga dapat menghambat aktivitas penggunaannya. Nah, berikut ini beberapa tips untuk mempercepat charging pada smartphone.

Hindari Melakukan Charging Saat Baterai Benar-Benar Habis

 Kesalahan pertama yang sering dilakukan pengguna android adalah melakukan isi ulang saat baterai dalam kondisi 0%. Selain memperlambat proses charging, melakukan isi ulang dengan kondisi ini bisa memperpendek masa pakai baterai Anda. Jika Anda ingin mempercepat proses charging, lakukan saat baterai mencapai 30% atau 50%.

Cara ini tidak hanya mempercepat charging, namun juga akan membuat baterai smartphone Anda bertahan lebih lama. Bagi Anda yang sering bepergian, membawa powerbank sangat disarankan untuk menjaga daya tahan baterai lebih lama saat digunakan.

Gunakan Charger Original

Tips Mempercepat Proses Charging pada Smartphone selanjutnya yang dapat Anda terapkan untuk mempercepat proses charging adalah menggunakan charger original. Setiap vendor smartphone sudah memperhitungkan seberapa besar tegangan dan aliran arus yang tepat untuk perangkatnya. Menggunakan charger original tidak hanya akan mempercepat charging, namun juga menjaga baterai agar lebih awet dan memiliki daya tahan lebih lama.

Hindari menggunakan kabel charger yang berbeda dengan bawaan smartphone Anda. Selain memperlambat proses charging, kebiasaan mengganti kabel charger dapat memperpendek usia baterai Anda dan dapat mempengaruhi performa smartphone lebih lanjut.

Aktifkan Mode Pesawat Saat Mengisi Ulang

Langkah selanjutnya untuk Tips Mempercepat Proses Charging pada Smartphone adalah menggunakan mode pesawat saat mengisi ulang. Saat semua jaringan yang terhubung pada smartphone diputus, pemakaian baterai akan diminimalkan sehingga pengisian baterai akan berjalan maksimal. Cara ini biasanya efektif mempersingkat waktu pengisian daya sehingga Anda dapat menggunakan smartphone kembali dengan segera.

Nonaktifkan Smartphone Saat Pengisian Daya

Selain mengaktifkan mode pesawat, Anda juga dapat mempercepat charging dengan menonaktifkan smartphone selama masa pengisian daya. Cara ini jauh lebih efektif daripada menggunakan fitur mode pesawat karena  smartphone dapat beristirahat dan melakukan pengisian daya dengan maksimal. Menonaktifkan smartphone saat pengisian daya juga akan memperpanjang masa pakai baterai dan menjadikan baterai lebih awet.

Gunakan Aplikasi Pendukung

Beberapa smartphone sudah memiliki aplikasi untuk mempercepat proses charging. Aplikasi ini dapat membantu pengisian daya hingga 40% lebih cepat dari cara konvensional. Bagi Anda yang tidak memiliki aplikasi bawaan, dapat mengunduh aplikasi fast charging di playstore. Sebelumnya pastikan vendor aplikasi terpercaya dan tidak memiliki efek negatif untuk smartphone Anda.

Jauhkan dari Tempat Panas dan Lepaskan Case Pelindung

Hal lain yang jarang diperhatikan para pengguna android adalah meletakkan smartphone di tempat yang panas atau terpapar sinar matahari saat melakukan pengisian daya. Saat smartphone dalam kondisi panas, pengisian daya tidak akan berjalan maksimal. Sebaiknya Anda meletakkan smartphone di tempat yang teduh agar proses charging dapat berjalan lancar.

Selain meletakkan smartphone di tempat teduh, Anda juga dapat melepaskan case pelindung saat pengisian daya. Melepaskan case pelindung akan menurunkan temperatur smartphone sehingga dapat mempercepat proses charging.

Jangan Mengisi Daya di Port USB Laptop

Jika Anda ingin proses pengisian daya berlangsung cepat, jangan pernah men-charging smartphone lewat port USB komputer atau laptop. Selain proses pengisiannya yang akan mengambil waktu lebih lama, cara ini dapat menurunkan performa baterai Anda hingga baterai tidak dapat beroperasi dengan maksimal.

Menggunakan charger original, menonaktifkan smartphone atau mengaktifkan mode pesawat dan menggunakan aplikasi pendukung dapat membantu mempercepat proses charging pada smartphone Anda. Hindari mengisi daya saat baterai benar-benar habis, letakkan smartphone di tempat yang teduh dan jangan mengisi daya di port USB laptop untuk memperpanjang masa pakai baterai smartphone Anda.

Leave a Reply