Begini Cara Mengurus SKCK untuk Melengkapi Persyaratan Melamar Pekerjaan

Bagi Anda yang sama sekali belum pernah membuat SKCK, berikut ini Kang Arif berikan beberapa langkah dan cara mengurus SKCK!
 
Begini Cara Mengurus SKCK untuk Melengkapi Persyaratan Melamar Pekerjaan – Ketika seseorang akan melamar pekerjaan, biasanya perlu dilengkapi dengan SKCK. SKCK atau Surat Keterangan Catatan Kepolisian, dulu dikenal dengan nama Surat Keterangan Kelakuan Baik (SKKB). Surat ini merupakan suatu surat yang diterbitkan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) melalui Kepolisian Sektor (Polsek) atau Kepolisian Resor (Polres) setempat yang berisi tentang catatan seseorang dalam data kepolisian.
SKCK berguna untuk menerangkan ada atau tidak adanya catatan seseorang yang bersangkutan dalam kegiatan kriminalitas atau kejahatan. SKCK hanya berlaku selama 6 (enam) bulan sejak tanggal diterbitkan dan dapat diperpanjang jika memang diperlukan. Bagi Anda yang sama sekali belum pernah membuat SKCK, berikut ini Kang Arif berikan beberapa langkah dan cara mengurus SKCK!
Sama seperti mengurus administrasi lainnya di tingkat Kelurahan, Kecamatan, atau Kabupaten/Kota pada umumnya, proses pembuatan SKCK ini pun membutuhkan beberapa hal yang perlu dipersiapkan.

Siapkan Surat Pengantar

Untuk mendapatkan surat pengantar dari Kelurahan, terlebih dahulu Anda perlu ke Ketua RT setempat agar dibuatkan surat pengantar ke Ketua RW. Dari RW Anda akan mendapatkan surat pengantar  Kelurahan atau Desa. Di Kelurahan atau Balai Desa, selanjutnya menyerahkan surat dari Kepala Dusun atau Ketua RW. Setelah itu, Anda akan mengisi dan melengkapi formulir yang dibutuhkan. Di beberapa wilayah atau daerah di Indonesia, Polsek atau Polres telah meniadakan syarat membawa surat pengantar Kelurahan, jadi bkan syarat mutlak.

Lengkapi Persyaratan untuk Proses Pengurusan SKCK

Setelah Anda mendapatkan surat pengantar dari Kelurahan dan juga rekomendasi Kecamatan, cara mengurus SKCK sebelum ke Polsek atau Polres adalah dengan melengkapi persyaratan.

Mengurus SKCK Bagi Warga Negara Indonesia (WNI):

  • Fotokopi KTP / Kartu Tanda Penduduk atau Surat Izin Mengemudi (SIM).
  • Fotokopi Kartu Keluarga atau KK.
  • Fotokopi Akta Kelahiran atau Surat Kenal Lahir atau Ijazah Terakhir.
  • Pas foto berukuran 4×6 berlatar atau background merah sebanyak 6 lembar.

Mengurus SKCK bagi yang terdaftar sebagai Warga Negara Asing atau WNA:

  • Fotokopi dokumen Paspor.
  • Surat Sponsor asli dari Perusahaan.
  • Fotokopi Surat Nikah.
  • Fotokopi Kartu Izin Tinggal Terbatas atau KITAS atau Kartu Izin Tinggal Tetap (KITAP).
  • Fotokopi IMTA (Izin Menggunakan Tenaga Kerja Asing) berasal dari Kementerian Tenaga Kerja
  • Fotokopi Surat Tanda Melapor (STM) dari pihak Kepolisian
  • Pas foto berukuran 4×6 berlatar kuning sebanyak 6 lembar.
Setelah kelengkapan yang perlu dipersiapkan sudah terpenuhi, cara mengurus SKCK dilanjutkan di Polsek (tingkat Kecamatan) atau ke Polres (tingkat Kabupaten/Kota). Anda sebaiknya langsung datang ke Polres (tingkat Kabupaten/Kota) untuk keperluan dokumen melamar pekerjaan, kelengkapan administrasi PNS atau CPNS, dan pembuatan visa atau keperluan lain yang bersifat antarnegara,. Pastikan datang tepat waktu ke Polsek atau Polres pada jam operasional pelayanan, yaitu pada hari kerja Senin – Jumat pada pukul 08.00-15.00 atau hari Sabtu pukul 08.00-11.00.
Silakan langsung menuju loket bagian SKCK untuk memasukkan berkas yang telah Anda siapkan. Nanti akan diminta untuk mengisi formulir. Agar memudahkan dan tidak bolak-balik fotokopi atau mencetak foto, lebih baik Anda mempersiapkan persyaratan-persyaratan yang telah dijelaskan dalam jumlah banyak.
Bagi Anda yang mengurus SKCK baru dan belum mempunyai rumus sidik jari, Anda bisa melakukan pengambilan sidik jari di Polres, tepatnya di bagian rekam rumus sidik jari. Cara mengurus SKCK di Polres, biasanya prosesnya bisa lebih cepat untuk mendapatkan sidik jari.
Setelah proses sidik jari selesai, maka saatnya mengumpulkan berkas-berkas yang telah Anda siapkan dan membayar uang penerbitan SKCK di loket. Tunggu antrean dan SKCK yang Anda butuhkan akan segera selesai.
Nyatanya cara mengurus SKCK itu mudah dan tidak serepot yang kita pikirkan. Yang terpenting adalah mempersiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan sedetail mungkin dan memahami alur yang tepat.

Leave a Reply