Kinerja Komputer Melambat, Inilah Cara Mengatasinya

Salah satu penyebab kinerja komputer melambat adalah karena data yang terdapat di dalam hard disk memori komputer atau laptop ‘berantakan’.


Kinerja Komputer Melambat, Inilah Cara Mengatasinya – Komputer atau laptop sudah menjadi salah satu alat bantu yang sangat dibutuhkan di berbagai aspek kehidupan. Banyak orang dari semua kalangan yang menggunakannya untuk menyelesaikan pekerjaan pekerja kantoran, terutama programer. Alat ini juga dibutuhkan pelajar dan mahasiswa dalam menyelesaikan tugas.

Akan tetapi, seiring berjalannya waktu dan seringnya penggunaan komputer atau laptop kinerjanya ternyata menurun. Mendapati kinerja komputer atau laptop yang menurun sering kali membuat kesal dan emosi. Selain memancing emosi, performa komputer yang lemot tentu saja memperlambat pengerjaan tugas atau pekerjaan. Untuk mengatasi permasalahan ini, ada beberapa cara yang bisa dilakukan seperti berikut ini.

Cara Mengatasi Kinerja Komputer Yang Lambat


Lakukan Defragment Hard Disk

Salah satu penyebab kinerja komputer melambat adalah karena data yang terdapat di dalam hard disk memori komputer atau laptop ‘berantakan’. Jika perangkat komputer atau laptop mengalami hal ini maka proses pembacaan data akan melambat. Untuk mengatasinya dan membereskannya maka harus dilakukan proses defragment. Klik tombol Start lalu pilih All Program. Setelah masuk, pilih System Tools lalu klik Disk Defragmenter.

Buang Data atau Aplikasi yang Tidak Penting

Setelah bertahun-tahun digunakan, banyak data aplikasi yang bertumpuk. Penumpukan ini menyebabkan kerja komputer melambat. Ada baiknya, data lama dan sudah tidak dipakai dibuang dan dibersihkan dari dalam hard disk. Uninstall juga program atau aplikasi yang tidak digunakan. Setelah data tidak penting dibuang, pastikan untuk mengosongkan tempat sampah atau Recycle Bin, temporary folder dan cache pada browser yang terdapat pada perangkat.

Kurangi Aplikasi atau Program yang Bekerja pada Start-Up

Aplikasi atau program yang berjalan ketika Start-Up berlangsung akan berjalan secara otomatis ketika komputer atau laptop dinyalakan. Hal ini berarti komputer memerlukan waktu lebih lama untuk membuka program tersebut dan menjalankannya di background dan menyebabkan kinerja komputer melambat. Pada kenyataannya, tidak semua program atau aplikasi itu digunakan.

Untuk mengatasi masalah ini klik tombol Start lalu pilih Run. Ketikkan MsConfig lalu klik OK kemudian klik Startup. Setelah itu pilih atau centang program-program yang kurang penting atau sama sekali tidak digunakan. Setelah program yang tidak dibutuhkan dipilih klik OK Restart. Komputer atau laptop akan melakukan reboot dengan sendirinya dan perbedaan saat boot pun akan segera terasa.

Waspadai Malware dan Virus

Kinerja komputer melambat bukan hanya terjadi karena penumpukan data dan juga banyaknya aplikasi program yang dijalankan. Bisa jadi laptop atau komputer sudah disusupi dan dijangkiti oleh yang namanya virus. Virus ini mampu merusak data dan memperlambat proses kerja CPU. Jika virus yang menjangkit sudah sangat parah, kerusakan komputer tidak bisa dihindari lagi.

Oleh karena itu, jangan lupa memberikan anti-virus pada perangkat komputer atau laptop. Anti-virus ini bisa mendeteksi dan menghancurkan malware dan virus yang siap menghambat kerja perangkat. Pasang minimal satu anti-virus dan maksimal dua. Menggunakan anti-virus terlalu banyak pun tidak baik karena akan memperlambat kerja perangkat dan beberapa anti-virus bisa saling bertabrakan.

Demikianlah beberapa cara untuk mengatasi kinerja komputer melambat. Lakukan pengecekan secara berkala untuk melihat data-data lama yang sudah tidak terpakai lagi. Lakukan juga pembersihkan secara berkala atau terjadwal untuk menghindari hal-hal yang mengancam keselamatan perangkat. Jika perangkat dirawat dengan baik, walaupun umurnya sudah cukup tua, perangkat komputer atau laptop masih bisa memiliki performa yang baik.

Berlangganan Update Artikel Terbaru Via E-mail:

Belum ada Komentar untuk "Kinerja Komputer Melambat, Inilah Cara Mengatasinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tautan II

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel