Begini Cara Mengurus KTP yang Hilang

Nomor yang  berada pada KTP sama persis dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK), yang terdapat pada sebuah Kartu Kelurga. Dan kartu identitas ini akan sangat diperlukan untuk mengurus berbagai macam dokumen penting. Lantas bagaimana jadinya bila tanpa sengaja e-KTP hilang dan tidak juga ditemukan? Begini langkah-langkah yang harus Anda lakukan.

Begini Cara Mengurus KTP yang Hilang – KTP atau Kartu Tanda Penduduk wajib dimiliki oleh setiap warga negara Indonesia. Namun kartu ini baru bisa diproses bila usia seseorang sudah mencapai 17 tahun. Sejak tahun 2011, KTP sudah dalam dibuat dalam bentuk e-KTP atau elektronik KTP. Dimana e-KTP ini sudah memiliki kode keamanan dan bisa digunakann sebagai alat untuk verifikasi serta validasi data diri sebagai penduduk.

Nomor yang  berada pada KTP sama persis dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK), yang terdapat pada sebuah Kartu Kelurga. Dan kartu identitas ini akan sangat diperlukan untuk mengurus berbagai macam dokumen penting. Lantas bagaimana jadinya bila tanpa sengaja e-KTP hilang dan tidak juga ditemukan? Begini langkah-langkah yang harus Anda lakukan.

Lapor

Langkah pertama adalah cara mengurus KTP yang hilang adalah, dengan melapor ke Kantor Polisi terdekat. Sampaikan pada petugas kepolisian berita yang sebenar-benarnya mengenai hilangnya KTP. Tujuannya adalah agar dibuatkan Surat Keterangan Kehilangan.

Biasanya pihak administrasi Kepolisian akan meminta Anda menyebutkan nomor KTP. Ini yang harus Anda siapkan terlebih dahulu ketika berada di rumah. Begitu juga kelengkapan data diri lainnya yang dibutuhkan, seperti nama, alamat, dll.

Buat surat pengantar

Surat yang dikeluarkan oleh pihak Kepolisian biasanya hanya berlaku selama 14 hari, karenanya segeralah lakukan langkah yang kedua. Cara mengurus KTP yang hilang dilanjutkan dengan membuat surat pengantar, yang bisa didapat dari pihak RT/RW (Rukun tetangga/Rukun Warga setempat). Namun sejak tahun 2018, surat ini sebetulnya, sudah tidak lagi diperlukan. Namun jika masih ragu, Anda bisa menyertakannya.

Siapkan dokumen
Sebelum menuju ke kantor Kecamatan untuk membuat KTP baru, maka sebaiknya siapkan dahulu berbagai dokumen penting, seperti; beberapa lembar foto kopi Kartu Keluarga (KK), Surat Keterangan Kehilangan dari Kepolisian, foto kopi KTP jika ada.

Proses pembuatan KTP baru

Cara mengurus KTP yang hilang sebenarnya tidaklah terlalu sulit. Langkah selanjutnya jika semua kelengkapan siap, maka Anda tinggal menuju ke kantor Kecamatan. Di sana Anda akan diminta mengambil nomor antrian, kemudian petugas akan meminta berkas-berkas yang Anda bawa untuk kemudian melakukan verifikasi.

Selanjutnya petugas akan kembali memanggil Anda untuk memberikan surat tanda terima, permohonan pembuatan KTP baru. Anda akan diminta menunggu beberapa hari hingga pembuatan KTP selesai. Biasanya masing-masing kantor Kecamatan memiliki ketentuan yang berbeda mengenai banyaknya hari dalam penyelesaiannya.

Pengambilan KTP

Langkah selanjutnya, cara mengurus KTP yang hilang akan segera terselesaikan. Untuk mengambil e-KTP memang tidak bisa diwakilkan. Itu artinya, Anda sendiri yang harus berangkat ke kantor Kecamatan dan melakukan proses selanjutnya, yaitu pengambilan sidik jari. Proses ini sama persis ketika pertama kali Anda membuat e-KTP.

Tidak hanya sidik jari yang meliputi, ibu jari kiri dan kanan, kemudian telunjuk kiri dan kanan. Anda juga akan melalui proses scanning retina mata. Namun sebelumnya, Anda juga akan diminta untuk diambil fotonya serta membuat tanda tangan dengan menggunakan alat perekam elektronik.

Segera proses kembali pembuatan KTP begitu diketahui KTP hilang. Sementara untuk anak yang berada di bawah umur, sebaiknya juga memiliki kartu identitas (KIA). Tujuannya dibuat agar terhindar dari berbagai hal buruk, seperti misalnya perdagangan anak. Tidak hanya itu, KIA juga bisa digunakan untuk memudahkan anak untuk mendapatkan layanan umum/publik seperti, pendidikan, kesehatan, perbankan dan yang lainnya.

Itulah cara mengurus KTP yang hilang, semuanya bisa Anda lakukan tanpa dipungut biaya sedikitpun. Banyak manfaat dari kepemilikan e-KTP ini, diantaranya adalah identitas diri tidak bisa dipalsukan atau diperbanyak serta dapat digunakan sebagai pengganti kartu saat pemilu atau pilkada berlangsung.

Berlangganan Update Artikel Terbaru Via E-mail:

Belum ada Komentar untuk "Begini Cara Mengurus KTP yang Hilang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tautan II

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel