Inilah Cara Mengurus NPWP yang Wajib Anda Ketahui

Untuk membuat/mengurus sebuah NPWP, Anda cukup menyediakan persyaratan administratif berupa fotokopi KTP bagi wajib pajak pribadi yang tidak menjalankan usaha sendiri. Sedangkan bagi masyarakat Indonesia yang memiliki usaha sendiri maka persyaratan yang harus dipenuhi selain fotokopi KTP adalah fotokopi dokumen izin kegiatan usaha yang diterbitkan instansi terkait serta surat pernyataan di atas materai bahwa wajib pajak benar-benar menjalankan usaha.

Inilah Cara Mengurus NPWP yang Wajib Anda Ketahui. Sebagai warga negara Indonesia yang baik, istilah pajak pasti sudah tidak asing ditelinga. Di Indonesia ada berbagai jenis pajak yang menjadi kewajiban warga Indonesia. Pendapatan yang didapat dari pajak sendiri nantinya akan digunakan untuk pembangunan infrastruktur dan kepentingan operasional negara. Setiap warga negara yang telah memenuhi persyaratan pajak, memiliki kewajiban untuk membayar pajak.

Untuk membayar pajak, persyaratan pertama yang wajib dipenuhi adalah memiliki  NPWP. NPWP atau nomor pokok wajib pajak merupakan nomor yang diberikan sebagai identitas Wajib Pajak dalam melaksanakan hak dan kewajiban dalam urusan perpajakan. Setiap warga indonesia wajib mengetahui cara mengurus NPWP agar mudah memenuhi kewajiban perpajakan di Indonesia.

Untuk membuat/mengurus sebuah NPWP, Anda cukup menyediakan persyaratan administratif berupa fotokopi KTP bagi wajib pajak pribadi yang tidak menjalankan usaha sendiri. Sedangkan bagi masyarakat Indonesia yang memiliki usaha sendiri maka persyaratan yang harus dipenuhi selain fotokopi KTP adalah fotokopi dokumen izin kegiatan usaha yang diterbitkan instansi terkait serta surat pernyataan di atas materai bahwa wajib pajak benar-benar menjalankan usaha.

Dalam rangka pemerataan NPWP di masyarakat Indonesia, pemerintah dalam hal ini instansi perpajakan menyediakan 2 alternatif cara membuat NPWP. Masyarakat bisa membuat NPWP secara online maupun secara offline. Cara mengurus NPWP secara offline cukup mudah,  Anda bisa mendatangi KPPP atau kantor pelayanan pajak pratama di area kota tempat tinggal Anda dan mendatangi loket pendaftaran yang tersedia. 

Setelah sampai di loket, Anda akan diminta untuk mengisi formulir pendaftaran. Saat mengisi formulir pendaftaran, Anda harus mengisi semua informasi sesuai dengan data yang tertera pada KTP. Setelah formulir pendaftaran selesai diisi, Anda bisa menyerahkan formulir kepada petugas di loket pendaftaran yang tersedia lengkap dengan persyaratan administrasi yang diperlukan yaitu fotokopi KTP dan persyaratan lainnya.

Setelah Anda menyerahkan formulir pendaftaran dan persyaratan lainnya, Anda akan menerima tanda terima pendaftaran NPWP. Cara mengurus NPWP setelah proses ini selesai adalah menunggu kartu NPWP dikirim ke alamat KTP Anda oleh pihak KPPP melalui pos tercatat.

Selain cara offline, Anda juga bisa membuat NPWP secara online dengan mengakses website resmi dirjen pajak di https://ereg.pajak.go.id/ dan mengklik daftar. Pada proses pendaftaran yang pertama, Anda akan diminta untuk membuat akun pada website pajak dengan mencantumkan alamat e-mail, password serta informasi lainnya. 

Setelah melakukan pendaftaran akun, Anda akan mendapatkan e-mail masuk dari dirjen pajak pada e-mail yang telah Anda daftarkan pada proses sebelumnya. Pada e-mail masuk inilah Anda akan mendapatkan petunjuk cara membuat NPWP sesuai yang Anda butuhkan. Anda harus mengikuti petunjuk yang diberikan untuk melakukan aktivasi.

Setelah melakukan aktivasi, cara mengurus NPWP online selanjutnya Adalah dengan melakukan login ke sistem e-registration dengan memasukkan e-mail dan password yang telah dibuat. Setelah berhasil login, Anda harus mengisi data registrasi yang dibutuhkan dan mengirim data tersebut setelah semua data sesuai dengan KTP yang ada. Setelah data registrasi dikirim, Anda akan menerima surat keterangan terdaftar sementara.

Setelah proses ini selesai, Anda harus mencetak surat keterangan terdaftar sementara dan formulir regustrasi wajib pajak tersebut. Langkah terakhir adalah mengirimkan kedua berkas tersebut ke KPPP setempat dan menunggu kartu NPWP dikirimkan ke alamat sesuai dengan KTP Anda.

Itulah beberapa cara mengurus NPWP yang wajib Anda ketahui. Dengan mengetahui cara membuat NPWP, Anda bisa ikut memenuhi kewajiban Anda kepada negara dan membantu proses pembangunan negara. Dengan turut membantu operasional negara, maka Anda telah membantu mensejahterakan warga Indonesia.

Berlangganan Update Artikel Terbaru Via E-mail:

Belum ada Komentar untuk "Inilah Cara Mengurus NPWP yang Wajib Anda Ketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tautan II

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel