Panduan Lengkap Cara Membuat Paspor

Bagi Anda yang belum tahu atau masih bingung mengenai prosedur pembuatan paspor, berikut ini kami siapkan ulsana singkat mengenai cara membuatnya:
 

Panduan Lengkap Cara Membuat Paspor – Paspor adalah dokumen resmi yang memuat identitas dari pemegangnya,dimana dokumen ini dibutuhkan jika Anda hendak bepergian ke luar negeri. Paspor ini dikeluarkan oleh kantor imigrasi yang ada diwilayah tempat Anda tinggal. Biasanya pembuatan paspor ini membutuhkan proses, sehingga jika Anda berencana keluar negeri maka sebaiknya uruslah pembuatan paspor dari jauh-jauh hari.

Bagi Anda yang belum tahu atau masih bingung mengenai prosedur pembuatan paspor, berikut ini kami siapkan ulasan singkat mengenai cara membuat paspor:

Mempersiapkan Dokumen Persyaratan Paspor

Sebelum mendaftarkan pembuatan paspor, Anda perlu mempersiapkan sejumlah dokumen persyaratan yang nantinya wajib untuk dibawa ke kantor imigrasi di wilayah Anda. Adapun dokumen persyaratan yang harus Anda persiapkan sebagai cara membuat paspor diantaranya:

  • E-KTP asli berserta photo copy e-KTP.
  • Kartu keluarga asli besera photo copynya.
  • Akta kelahiran, ijazah (SD/SMP/SMA), surat/buku nikah, atau surat baptis asli serta photo copynya. (Anda dapat memilih salah satu dokumen, pastikan dalam dokumen tersebut terdapat nama, tempat dan tanggal lahir, serta nama orang tua).
  • Materai 6000.

Kemudian, sebagai catatan apabila e-KTP Anda belum dapat diterbitkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil di wilayah Anda, maka bawalah surat keterangan atau rekomendasi dari dinas yang bersangkutan.

Mendaftarkan Antrian Secara Online

Prosedur yang berlaku saat ini lebih memudahkan Anda untuk memperoleh antrian, dimana Anda tidak perlu lagi datang ke kantor imigrasi untuk mendaftar. Semua proses pendaftaran dan antrian pembuatan paspor baru sekarang dilakukan secara online. Adapun media layanan pendaftaran online yang tersedia antara lain aplikasi, situs web, serta chat via aplikasi WhatsApp. Adapun tahapan cara membuat paspor secara online adalah sebagai berikut:

Bagi Anda yang ingin mendaftar via aplikasi dapat mendownload aplikasi “Antrian Paspor” yang dibuat oleh Direktorat Sistem dan Teknologi Informasi Keimigrasian Indonesia. Jika ingin mendaftar via website, Anda perlu membuka website antrian.imigrasi.go.id milik Kementrian Hukum dan HAM Republik Indonesia. Kemudian, jika ingin mendaftar via aplikasi WhatsApp, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu nomor hotline Kantor Imigrasi di wilayah Anda.
Daftarkan diri Anda, dari mulai membuat username, password, nama, NIK, nomor HP, e-mail, serta alamat lengkap Anda.

Melakukan verifikasi alamat e-mail.

  • Log in akun baru Anda, dan pilihlah wilayah imigrasi yang paling dekat dengan tempat tinggal.
  • Isi data permohonan antrian paspor, mulai dari tanggal, jam, hingga jumlah pemohonnya.
  • Menunggu persetujuan antrian paspor, jika kuota harian pada tanggal yang Anda inginkan tersedia, Anda bisa langsung datang ke Kantor Imigrasi sesuai tanggal dan jam yang telah diajukan.
  • Menunjukan kode booking atau QR code yang ada di akun Anda kepada petugas di Kantor Imigrasi.
    Petugas akan memberikan bukti cetak antrian yang berisi nomor urut panggilan pembuatan paspor.
  • Sebagai catatan, pendaftaran antrian online ini hanya diperuntukan untuk membuat paspor baru atau perpanjangan saja.

Proses Pendaftaran di Kantor Imigrasi

setelah mendapatkan antrian dari petugas melalui QR code, proses cara membuat paspor yang harus Anda tempuh antara lain:
Pengecekan kelengkapan dokumen.

  • Mengisi formulir yang diberikan petugas.
  • Wawancara singkat mengenai tujuan pembuatan paspor.
  • Melakukan pengisian data dama sistem komputer, memindai sidik jari, serta melakukan sesi foto.
  • Melakukan Pembayaran melalui transfer bank sesuai instruksi petugas imigrasi.
  • Mengammbil paspor tiga hari setelah pembayaran dengan menunjukan struk bukti pembayaran.

Itulah panduan mengenai cara membuat paspor yang akan lebih memudahkan Anda, sehingga tidak perlu lagi kebingungan ketika membuat paspor. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply