3 Poin Penting yang Perlu Dicermati Tentang UN 2020

3 Poin Penting yang Perlu Dicermati Tentang UN 2020 – Tahun 2020 mungkin menjadi tahun terakhir dilaksanakannya ujian nasional. Ujian Nasional untuk tingkat SMA/SMK/MA dijadwalkan berlangsung mulai tanggal 16 maret 2020, sedangkan UN untuk SMP/MTs dijadwalkan berlangsung mulai tanggal 20 April 2020.

Hayo, untuk siswa kelas IX dan XII apakah kalian sudah siap untuk menghadapi UN terakhir di negeri ini?

Harus siap dong tentunya. Nah, agar anda lebih siap lagi untuk menghadapi Ujian nasional ini, yuk simak 3 poin penting yang perlu dicermati tentang UN 2020. Apa saja itu? Berikut ulasannya :

3 Poin Penting Yang Perlu Kamu Ketahui Tentang UN 2020

1. Mengetahui Seluk Beluk UNBK

Poin penting pertama yang perlu dicermati tentang UN 2020 adalah dengan mengetahui Seluk Beluk UNBK. Sebelum pelaksanaan UNBK di gelar, biasanya beberapa bulan sebelumnya akan diadakan Simulasi terlebih dahulu oleh sekolah-sekolah. Sebagai calon peserta UN wajib untuk mengikutinya. Karena dengan simulasi dapat membantu anda sebagai peserta UN mengakrabkan diri dengan suasana UNBK.

Pasalnya, begitu anda duduk di ruang ujian, anda sendiri lah yang nantinya yang harus login sesuai dengan username dan password dari proktor. Jangan sampai hal teknis seperti ini anda kebingungan sendiri. Apalagi sampai bertanya pada peserta lain, bias-bisa anda akan ditegur oleh pengawas ujian.

Hal penting yang harus diperhatikan juga adalah waktu. Karena untuk UNBK ini, ketika waktu ujian selesai. Maka sistem UNBK otomatis akan tertutup. Tidak peduli anda siap ataupun tidak.

2. Perhatikan Tata Tertib Mengikuti Ujian

Sama seperti tahun sebelumnya, adapun Ujian Nasional 2020 ini berbasis computer. Dari segi teknis, tidak banyak yang berubah. Nah, apa saja hal teknis yang perlu diperhatikan? Mengacu pada tata cara UNBK dari Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) Nomor 0051/P/BSNP/XI/2019, Peserta ujian diwajibkan memasuki ruangan ujian 15 menit sebelum ujian dimulai, sesuai dengan sesi yang dijadwalkan oleh sekolah dan menempati tempat duduknya masing-masing.

Lalu bagaimana jika ada Peserta Ujian yang terlambat?

Peserta yang terlambat masih bisa mengikuti UN asalkan memperoleh izin dari ketua panitia UN disekolah anda. Hal yang perlu di ingat, tidak ada tambahan waktu dalam mengerjakan soal bagi peserta UN yang terlambat. Jadi, jangan sampai terlambat ya…

Jika sudah berada di ruangan ujian, peserta UN tidak diperbolehkan membawa,memegang dan menggunakan baik itu kamera, kalkulator, HP, dan perangkat sejenisnya. Jika ada yang kedapatan melanggar peraturan tersebut, maka akan dikenakan sanksi berupa teguran bahkan membuat nilai UNBK anda menjadi 0 (nol). Dan tidak akan ada kesempatan kedua untuk memperbaikinya.

Selain itu, anda juga harus mengetahui pelanggaran-pelanggaran yang dapat berakibat fatal yang membuat nilai UNBK anda menjadi 0 (nol). Adapun pelanggaran tersebut sebagai berikut :

  • Bekerja sama dengan peserta lain (Mencontek).
  • Memberi atau menerima bantuan menjawab soal.
  • Menggunakan kunci jawaban
  • Memperlihatkan atau melihat jawaban ujian
  • Menggantikan atau digantikan mengikuti ujian oleh orang lain
  • Meninggalkan ruangan ujian sebelum waktu ujian berakhir.

3. Kesempatan Perbaikan (Ujian Susulan)

Kartu peserta ujian merupakan atribut penting yang wajib dibawa saat ujian berlangsung. Simpan baik baik kartu ujian anda. Jangan sampai anda terlupa ataupun ketinggalan. Ketika anda lupa membawa kartu peserta ujian dan harus pulang untuk mengambilnya. Konsekuensi yang anda dapatkan adalah anda harus meminta izin ke panitia UN dan waktu ujian anda menjadi berkurang. Sehingga membuat anda tidak maksimal dalam pengerjaan soal-soal Ujian Nasional.

Bagaimana jika pada saat ujian Nasional anda jatuh sakit ?

Jika anda sakit pada saat ujian, anda berhak kok mengikuti ujian susulan. Tentunya dengan keterangan surat sakit yang benar dari rumah sakit , puskesmas maupun dokter.

Ujian Nasional susulan atau perbaikan dapat diikuti selama anda memiliki kartu peserta ujian nasional. Artinya, sebagai peserta UN. Anda tercatat dalam Daftar Dominasi Tetap (DNT). Bahkan, ujian perbaikan juga dapat di ikuti oleh peserta UN pada tahun sebelumnya selama masih ada bukti tertulis yang menyatakan bahwa yang bersangkutan belum mengikuti Ujian Nasional Utama dan Susulan.

Mungkin hanya itu saja pembahasan mengenai 3 Poin Penting yang Perlu Dicermati Tentang UN 2020. Untuk kalian yang akan menghadapi Ujian Nasional, jangan lupa jaga kesehatan disela-sela waktu belajar kalian. Semoga, Ujian Nasional (terakhir) ditahun 2020 ini berjalan dengan lancar tanpa kendala apapun dan bagi peserta yang mengikuti Ujian Nasional, semoga mendapat hasil yang memuaskan serta lulus 100%. Aamiin…

Bagikan Artikel

2 pemikiran pada “3 Poin Penting yang Perlu Dicermati Tentang UN 2020”

Tinggalkan komentar